SERI Universal Design for Learning Topik 5 - Penerapan Prinsip Multiple Means Of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

PENERAPAN PRINSIP MULTIPLE MEANS OF ENGAGEMENT (PRINSIP KETERLIBATAN)

Selamat datang di materi Penerapan Prinsip UDL-Prinsip Multiple Means of Engagement ( Prinsip Keterlibatan ) Sebelum Anda mempelajari materi ini, baca dengan seksama tujuan, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada materi ini.

Tujuan

Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) dan mampu merancang contoh penerapannya dalam pembelajaran di kelas. 

Kompetensi Dasar

Menjelaskan tiga prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) dan merancang contoh penerapannya dalam pembelajaran di kelas. 

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip menstimulus minat  sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas peserta didik. 
  2. Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip meningkatkan ketekunan belajar belajar peserta didik
  3. Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip regulasi diri peserta didik
  4. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan menstimulus minat sehingga menumbuhkan kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran di kelas.
  5. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan prinsip meningkatkan ketekunan belajar belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas.
  6. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan prinsip meningkatkan regulasi diri peserta didik dalam pembelajaran di kelas.

Materi ini akan dipelajari dengan mengikuti alur pembelajaran sebagai berikut:



Mulai dari Diri Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means Of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pertanyaan
Bagaimana tanggapan Anda terhadap akomodasi yang diberikan pada siswa di video tersebut? Apakah akomodasi tersebut perlu untuk diberikan? Apa dampaknya apabila akomodasi tersebut tidak diberikan? Ungkapkan pendapat Anda di kolom berikut!

JAWAB :

Tanggapan saya terhadap akomodasi yang diberikan pada siswa di video tersebut adalah baik dan sesuai. 

1.  Guru memberikan akomodasi berupa kegiatan pembelajaran interaktif dengan menempelkan berbagai gambar di papan tulis. 

2. Kemudian ada beberapa siswa yang menjelaskan gambar tersebut dengan menuliskannya dipapan tulis (teks). 

3. Selain itu bu guru juga mengakomodasi peserta didik agar semua peserta didik mendapatkan giliran untuk menjawab pertanyaan dipapan tulis.

4. Guru juga membantu peserta didik yang berkebutuhan khusus dengan mengajak peserta didik tersebut maju kedepan dengan menggandeng tangannya.

Menurut saya apakah akomodasi tersebut perlu untuk diberikan? 

IYA, karena dengan memberikan media yang menarik dapat membuat peserta didik mau dan mampu terlibat dalam kegiatan pembelajaran. karena mereka menjadi tidak takut, tetapi sangatlag senang dan bahagia dalam mengikuti kegiatan tersebut

Menurut saya dapam apabila akomodasi tersebut tidak diberikan, maka dalam kegiatan pembelajaran akan membuat terasa membosankan.

Mulai dari Diri Topik 5 Bagian 2 – Penerapan Prinsip Multiple Means Of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Sebagaimana telah Anda pelajari mengenai Konsep UDL. Akomodasi perlu diberikan sehingga seluruh peserta didik dapat mengakses pembelajaran. Salah satu prinsip yang harus diterapkan di kelas yang inklusif dengan menerapkan kerangka UDL adalah prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan)  yang  melibatkan peserta didik. Prinsip ini khususnya diterapkan dalam pemberian tugas dan pelaksanaan ujian selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu pada topik ini Anda akan mempelajari konsep dan contoh penerapan dari:

  1. Prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) yang menstimulus minat sehingga menumbuhkan kreatifitas peserta didik
  2. Prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan)  yang meningkatkan ketekunan belajar peserta didik
  3. Prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) yang menjelaskan prinsip regulasi diri peserta didik.
Prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) adalah salah satu prinsip UDL dimana guru mampu menyediakan sarana yang dapat  melibatkan seluruh peserta didik sehingga dapat menstimulus minat dan memotivasi belajar mereka. Sarana tersebut dapat melibatkan lingkungan sekitar dengan media atau metode apapun. Salah satu komponen keberhasilan pembelajaran adalah adanya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tersebut.

Selanjutnya, pelajari masing-masing prinsip lewat 3 aktivitas belajar yang ada di bagian Quizzes di bawah ini. Klik untuk memulai aktivitas.

Eksplorasi Konsep Topik 5 Materi Prinsip Pertama – Penerapan Prinsip Multiple Means Of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Prinsip pertama dalam prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan)  adalah menstimulus minat sehingga menumbuhkan kreatifitas peserta didik. 

Glosarium:

  • Konteks : bagian suatu uraian atau menambah kejelasan dari sebuah makna
  • Relevansi : hubungan
  • Stimulus : reseptor lain untuk menjadi aktif
  • Sensorik : kemampuan yang berhubungan dengan semua indra di dalam tubuh

Setelah selesai membaca materi, jawab pertanyaan di bagian yang telah disediakan!



Pertanyaan

Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari prinsip pertama?

Prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) adalah salah satu prinsip UDL dimana guru mampu menyediakan sarana yang dapat melibatkan seluruh peserta didik sehingga dapat menstimulus minat dan memotivasi belajar mereka, baikk dengan darana media ataupun metode pembelajaran.


Dalam menarik partisipasi peserta didik diperlukan cara atau metode baru dalam suatu kegiatan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dianggap berhasil atau sukses. Salah satunya dengan cara menstimulus minat peserta didik.

Bagaimana cara kita menstimulus minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ?

Cara yang harus kita lakukan sebagai guru adalah dengan memberikan berbagai pilihan kepada peserta didik dalam mengambil suatu keputusan. Setelah itu kita buat bersama kesepakatan kelas yang dibuat dan disetujui bersama dengan peserta didik laiinya. Serta agar aktivitas tetap optimal guru tetap harus memvariasikan kegiatan dan merancang kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik sesuai dengan budaya, usia dan kemampuan peserta didik. Selain itu guru juga harus membantu menyiapkan iklim kelas yang nyaman serta mendukung untuk kegiatan pembelajaran peserta didik

Eksplorasi Konsep Topik 5 Materi Prinsip Kedua – Penerapan Prinsip Multiple Means Of Engagement (Prinsip Keterlibatan)


Pertanyaan
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari prinsip kedua?
Prinsip Multiple means of engagement (Prinsip keterlibatan) yang kedua adalah dengan meningkatkan ketekunan belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Untuk meningkatkan ketekunan peserta didik, guru harus menjelaskan secara benar tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran dan dapat dipahami oleh peserta didik. Sehingga peserta didik akan ikut turut andil dalam ketercapaian tujuan tersebut.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru juga harus memberikan sarana pendukung seperti membuat ceklist observasi yang dapat membantu peserta didik dalam melakukan dan menyelesaikan projek tersebut. Guru juga memberikan kebebasan dalam mencapai tujuan tersebut, tetapi harus sesai dengan kriteria yang telah ditentukan sesuai yang berlaku. Guru juga dapat membentuk kelompok atau mengggunakan beberapa metode pembelajaran untuk menumbuhkan kerjasama antar peserta didik dalam menyelesaikan projek tersebut. Setelah kegiatan pencapaian tujuan selesai guru dan peserta didik saling meberikan umpan balik yang dapat mendorong semangat dan partisipasi peserta didik pada pembelajaran selanjutnya

Eksplorasi Konsep Topik 5 Materi Prinsip Ketiga – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pertanyaan
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari prinsip ketiga?

Prinsip keterlibatan adalah salah satu prinsip UDL dimana guru mampu menyediakan sarana yang dapat melibatkan seluruh peserta didik sehingga dapat menstimulus minat dan memotivasi belajar mereka.
Prinsip keterlibatan yang ketiga dapat dilakukan adalah dengan menjelaskan regulasi diri.
Regulasi diri adalah pengendalian pikiran, perasaan dan perilaku yang direncanakan dan disesuaikan untuk mewujudkan tujuan pribadi. Menjelaskna regulasi diri dengan cara :
1. Mempromosikan harapan, keyakinan untuk mengoptimalkan motivasi
Memberikan petunjuk atau rubrik sebagai pengaturan diri dalam menghadapi ganggguan. baik dari diri sendiri maupun dari lingkungan luar.
Membantu mencarikan mentor agar peserta didik dapat mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dari dirinya sendiri
2. Memfasilitasi keterampilan dan strategi meneladani diri
Peserta didik harus mampu menangani kecemasan diri dengan tepat dan mengetahui kelebihan dirinya dengan mengambil contoh pada kehidupan sehari-hari sehinggga dapat meneladani dirinya snediri
3. Mengembangkan penilaian dan merefleksi diri
Melaksanakan kegiatan yang melibatkan lingkungan sekitar serta menawarkan alat bantu untuk membantu mengumpulkan data perubahan tingkah laku mereka

Ruang Kolaborasi Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pertanyaan
Silahkan berdiskusi dengan tiga teman sejawat di satuan pendidikan Anda. Setelah itu jawablah beberapa pertanyaan yang telah disediakan.

Menurut Anda hambatan apa yang mungkin muncul dalam penerapan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan)?

Prinsip keterlibatan meliputi : Menstimulus minat peserta didik, meningkatkan ketekunan belajara, dan Menjelaskan regulasi diri. Dalam suatu perencanaan kegiatan pembelajaran pasti akan mengalami suatu perubahan, baik ketika dipertengahan kegiatan maupun diakhir kegiatan pembelajaran. Jadi menurut saya hambatan yang mungkin muncul dalam penerapan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) adalah ketika kita telah memberikan motivasi atau dorongan stimulus ketika diawal pembelajaran, masih ada 10% siswa yang mengalami keterlambatan dalam berpikir. Sehingga perlu adanya perubahan dengan cara meningkatkan ketekunan belajar melalui peningkatan komunikasi dan kolaborasi antar peserta didik. Tapi tidak semua peserta didik mau dan mampu untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan rekan sejawatnya. Ada beberapa siswa yang masih pilih memilih dalam menentukan kelompok kerjanya. Selain itu guru harus setiap waktu membantu peserta didik untuk meregulasikan dan meningkatkan kepercayaan akan diri siswa tersebut. dan memberikan motivasi untuk selalu mau berkolabprasi dan berkomunikasi dengn rekan agar mendapatkan hasil yang maksimal serta dapat mendorong diri peserta didik dalam menerima saran dan kritik dari orang lain. 
Agar terjadi adanya perubahan perbaikan sikap diri


Ruang Kolaborasi Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pertanyaan
Silahkan berdiskusi dengan tiga teman sejawat di satuan pendidikan Anda. Setelah itu jawablah beberapa pertanyaan yang telah disediakan.

Menurut Anda hambatan apa yang mungkin muncul dalam penerapan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan)?
Prinsip keterlibatan meliputi : Menstimulus minat peserta didik, meningkatkan ketekunan belajara, dan Menjelaskan regulasi diri. Dalam suatu perencanaan kegiatan pembelajaran pasti akan mengalami suatu perubahan, baik ketika dipertengahan kegiatan maupun diakhir kegiatan pembelajaran. Jadi menurut saya hambatan yang mungkin muncul dalam penerapan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) adalah ketika kita telah memberikan motivasi atau dorongan stimulus ketika diawal pembelajaran, masih ada 10% siswa yang mengalami keterlambatan dalam berpikir. Sehingga perlu adanya perubahan dengan cara meningkatkan ketekunan belajar melalui peningkatan komunikasi dan kolaborasi antar peserta didik. Tapi tidak semua peserta didik mau dan mampu untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan rekan sejawatnya. Ada beberapa siswa yang masih pilih memilih dalam menentukan kelompok kerjanya. Selain itu guru harus setiap waktu membantu peserta didik untuk meregulasikan dan meningkatkan kepercayaan akan diri siswa tersebut. dan memberikan motivasi untuk selalu mau berkolabprasi dan berkomunikasi dengan rekan agar mendapatkan hasil yang maksimal serta dapat mendorong diri peserta didik dalam menerima saran dan kritik dari orang lain. 
Agar terjadi adanya perubahan perbaikan sikap diri

Menurut saya dukungan yang diperlukan untuk memastikan penerapan prinsip tersebut adalah dengan cara :
1. Selalu membantu peserta didik untuk menstimulus minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan cara melibatkan peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode. 
2. Semua peserta didik diberikan tantangan dan diberikan waktu untuk mengambil keputusan dalam penyelesaian tugasnya.
3. Membantu peserta didik dalam membuat pilihan dalam cara menyelesaikan tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dalam kelompoknya masing-masing
4. Selalu memberikan dorongan dan motivasi dalam setiap kegiatan peserta didik, agar peserta didik tau akan kapasitas dirinya dan agar dapat mengembangkan kemampuan yang lebih yang bisa dimiliki oleh peserta didik

Demonstrasi Kontekstual Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pertanyaan
Anda telah mempelajari prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan). Lakukan identifikasi 5 kegiatan di kelas Anda yang menerapkan prinsip tersebut!  
5 kegiatan dikelas saya yang menerapkan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) :
1. Sebagai bagian dalam menstimulus minat peserta didik, saya memberikan apersepsi berupa pertanyaan pemantik dan juga media presentasi baik berupa ppt maupun video yang menggambarkan mengenai materi yang akan peserta didik pelajari
2. Dalam merencanakan kegiatan penyelesaiak suatu tugas peserta didik, Peserta didik saya minta membuat rencana atau jadwal penyelesaian yang disepakati secara bersama sama. dan juga terpantau oleh guru
3. Saya selalu meberikan dukungan dan motivasi dengan cara memberikan suatu gambaran media yang dapat digunakan peserta didik ketika kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran
4. Peserta didik atau guru dapat menyediakan guru tamu untuk membantu peserta didik dalam mengmbangkan kemampuan dirinya agar apa yang dipelajari dapat diterapkan di lingkunga hidup sehari-harinya


Elaborasi Pemahaman Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pak Tono adalah seorang guru yang akan menerapkan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) sehingga beliau harus menyediakan…
Sarana yang melibatkan, memotivasi belajar dan menumbuhkan minat peserta didik

Salah satu kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah memiliki kemauan yang kuat dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut perlu ditumbuhkan oleh guru ketika proses pembelajaran di dalam kelas. Kemauan tersebut disebut juga dengan ….
Minat

Bu Nuri memberikan keleluasaan peserta didiknya untuk memilih anggota kelompoknya masing-masing. Hal itu berarti Bu Nuri telah mengoptimalkan ….
Pilihan pribadi dan kemampuan mengambil keputusan peserta didik

Pak Rio berusaha menciptakan iklim kelas yang dapat menstimulus minat belajar peserta didik. Iklim kelas yang … yang harus diciptakan Pak Rio.
Minimal ancaman dan gangguan

Abdi sangat tertarik bidang Seni Kriya. Ukiran bertema floral adalah favoritnya. Dia sering gagal membuat ukiran tersebut pada awalnya. Akan tetapi dengan latihan secara terus menerus hasil ukiran Abdi semakin halus dan rapi. Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa … akan menghasilkan hasil yang maksimal.
Ketekunan

Bu Santi ingin mengajarkan bagaimana cara mengoprasikan laptop kepada peserta didiknya. Sebelum itu Bu Santi perlu terlebih dahulu menerangkan apa saja kegunaan dari laptop tersebut. Hal tersebut dapat meningkatkan ketekunan belajar peserta didik karena peserta didik mengetahui arti penting … kegunaan dari laptop tersebut.
Tujuan dan sasaran

Kerjasama dalam suatu komunitas dapat terjalin erat manakala memiliki … pada minat dan kegiatan.
Kesamaan

Putra memahami akan … sehingga ia mampu mengendalikan pikiran, perasaan dan perilaku yang direncanakan untuk mewujudkan suatu tujuan.
Regulasi diri

Setelah peserta didik menyelesaikan tugasnya, Pak Yono selalu memberikan umpan balik dengan tujuan supaya peserta didik dapat … diri.
Refleksi

Bu Amel merupakan seorang guru tata boga. Sebelum beliau memulai pelajaran, Bu Amel sering mencari refrensi  resep aneka kue yang kekinian. Hal yang dilakukan oleh Bu Amel merupakan  suatu usaha meningkatkan … yang mengikuti perkembangan zaman.
Keterampilan


Koneksi Antar Materi Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pertanyaan
Anda telah mempelajari prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) dan melakukan identifikasi selama kegiatan di kelas, apa saja yang dapat diterapkan dari prinsip tersebut. Sekarang, rencanakan kegiatan di kelas Anda sesuai 3 prinsip dalam prinsip menstimulus minat, meningkatkan ketekunan dan menjelaskan regulasi diri peserta didik.

Kegiatan yang akan saya rencanakan dalam pembelajaran informatika adalah
1. Menjelaskan kepada peserta didik mengenai tujuan dari kegiatan pembelajaran pada materi yang akan diambil k
2. Membuat apersepsi yang menarik baik berupa video ataupun ppt agar peserta didik terlibat pada tahapan proses selanjutnya
3. Memberikan beberapa petunjuk atau langkah berbentuk CLO dalam penyelesaian tugas yang harus diselesaikan peserta didik sesuai dengan schedule yang telah disepakati bersama
4. Memberikan kebebasan dalam meilih kelompok sesuai kriteria yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas tersebut
5. Memberikan berbagai pilihan model baik berupa infografis, video ataupun animasi dalam pengumpulan atau mempresentasikan tugas di depan kelas bersama kelompoknya masing-masing

Aksi Nyata Topik 5 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)

Pilihlah salah satu prinsip penting yang Anda pelajari dari materi ini. Unggah prinsip tersebut di sosial media Anda dalam bentuk:

Caption
Gambar
Video singkat dll
Dan tambahkan tagar:

#GBBUDL  #gtkdikmendiksus #kemdikbudristekdikti

dan tag tiga teman Anda.

Setelah selesai, jawab pertanyaan yang ada di aktivitas Aksi Nyata Topik 5 di bagian Quizes di bawah ini! Klik untuk memunculkan aktivitas.


SELANJUTNYA TOPIK 6


Komentar

Postingan Populer