SERI Universal Design for Learning Topik 6 - Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka


Pengantar Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Tujuan
Agar peserta bimtek mampu peserta dapat menjelaskan dan merancang pembelajaran berbasis UDL dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Kompetensi Dasar
Merancang pembelajaran berbasis UDL dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka 

Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Peserta bimtek mampu mendeskripsikan prinsip Universal Design for Learning (UDL)
  2. Peserta bimtek mampu mengaplikasikan prinsip UDL dalam komponen kurikulum merdeka 
  3. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan pembelajaran berbasis UDL dalam kurikulum merdeka

Mulai dari Diri Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Di setiap kelas saat ini selalu ditemukan keberagaman peserta didik. Mereka mempunyai keragaman cara dalam memahami informasi, merespon situasi, mengungkapkan ide, minat belajar, kemampuan belajar dan berinteraksi dengan orang lain. Kebijakan kurikulum Merdeka saat ini memberikan ruang yang memadai bagi guru untuk dapat mengakomodir keberagaman peserta didik ini dengan memberikan keragaman cara belajar. Coba Bapak/Ibu identifikasi keragaman peserta didik di kelas untuk dapat berpartisipasi di kelas!

Contoh keragaman berdasarkan topik pembelajaran dapat di lihat di Gambar 1.



Gambar 1. Keragaman di dalam kelas untuk aktivitas membaca
Bapak/Ibu dapat mencoba mengidentifikasi keragaman dalam pembelajaran di topik tertentu dalam template di bawah ini:


Keragaman dalam gaya belajar dapat dipetakan menggunakan Barsch inventory untuk memudahkan Anda sebagai guru memetakan keragaman gaya belajar yang ada di kelas. Keragaman siswa di kelas ini dapat di akomodir dengan fleksibilitas dan hal ini akan kita bahas lebih lanjut dengan menggali penerapan UDL dalam Kurikulum Merdeka.

Mulai dari Diri Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka
Isikan tanggapan Anda setelah melihat penerapan pembelajaran melalui dua video tersebut? Apa perbedaan dan persamaan dari pelaksanaan kedua pembelajaran tersebut?

Tuliskan perbedaan dan persamaan video dengan mengacu pada 4 pertanyaan pemantik berikut:
1. Dalam video 1, cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran adalah…

1. Dalam video 2, cara yang digunakan guru untuk menyampaikan pelajaran adalah…

2. Dalam bentuk apakah respon siswa selama pembelajaran di video 1?

2. Dalam bentuk apakah respon siswa selama pembelajaran di video 2?

3. Dalam video 1, apakah lingkungan belajar mengharuskan siswa duduk diam selama belajar?

3. Dalam video 2, apakah lingkungan belajar mengharuskan siswa duduk diam selama belajar?

4. apa cara yang digunakan guru dalam mengevaluasi kemampuan siswa dalam video 1?

4. Berapa cara yang digunakan guru dalam mengevaluasi kemampuan siswa dalam video 2?


Eksplorasi Konsep Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Empat komponen dalam kurikulum terdiri dari tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Keempat komponen tersebut saling terkait satu sama lain, misal: materi pembelajaran terkait dengan tujuan pembelajaran dan akan terlihat pada asesmen pembelajaran. Dengan menerapkan prinsip UDL dalam keempat komponen, maka diharapkan guru akan dapat memenuhi kebutuhan belajar masing-masing siswa secara sistematis. Untuk kejelasan masing-masing komponen, jabaran dari setiap komponen belajar adalah sebagai berikut:


Gambar 1. Komponen pembelajaran dalam kurikulum
Materi berikutnya akan secara berturut-turut dijabarkan mulai dari tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.


Ruang Kolaborasi Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Setelah menelaah konsep mengenai integrasi prinsip UDL dalam empat komponen kurikulum, coba refleksikan dan diskusikan dengan teman sejawat Anda empat pertanyaan berikut:

Menurut Anda hambatan apa yang mungkin muncul dalam penerapan pembelajaran berbasis UDL berdasarkan kurikulum 2013? 
1. media belajar belum tersedia secara luas seperti miniatur
2. fasilitas di kelas masih terbatas yang dapat mendorong siswa untuk melakukan kegiatan kognitif atau mengidentifikasi hal penting 
3. daya jangkau yang terbatas jika memberikan kesempatan kepada murid untuk berpartisipasi aktif karena banyaknya jumlah murid dalam satu kelas

Menurut Anda dukungan apa yang diperlukan untuk memastikan penerapan pembelajaran tersebut?
1. akses internet untuk guru dipermudah ketika mereka membutuhkan untuk merangkum/menemukan sumber belajar di internet
2. memperbanyak media ajar dikelas utamanya modelling/miniatur selain materi yang bisa diambil dari internet (video/buku digital/artikel website)
3. penerapan moving class yang tiap ruangan kelas berisi materi ajar yang berbeda-beda misal satu ruang kelas khusus tentang segala hal berkaitan pengetahuan alam, satu ruangan berisi yang berkaitan ilmu sosial atau lainnya agar siswa tidak merasa bosan

Menurut Anda hambatan apa yang mungkin muncul dalam penerapan pembelajaran berbasis UDL berdasarkan kurikulum merdeka? 
1.  Perbedaan fasilitas, sarana prasarana dan kemudahan akses teknologi menjadi kendala yang terkadang dihadapi guru. dalam menerapkan UDL di kurikulum merdeka
2. Pengalaman personal para guru terkait kemerdekaan belajar masih minim, apalagi terkait UDL yang diterapkan untuk masing-masing tingkatan mata pelajaran
3. Keterbatasan referensi atau buku teks yang berkualitas tinggi saat ini. Baik buku guru maupun siswa yang diterbitkan pusat perbukuan atau penerbit swasta belum memberikan referensi yang dapat membantu guru dalam memperoleh rujukan terkait bagaimana memfasilitasi pembelajaran berpusat pada siswa dengan efektif.
4. tuntutan perubahan yang cepat menjadikan guru kesulitan dalam manajemen waktu, belum lagi mengenai tugas-tugas dan kewajiban lain yang menyertai menuntut guru harus bisa mengatur waktunya dengan baik
5. Minimnya pengalaman dalam implementasi kemerdekaan belajar juga menentukan kualitas atau kompetensi yang dimiliki guru

Menurut Anda dukungan apa yang diperlukan untuk memastikan penerapan pembelajaran tersebut?
1. peningkatan fasilitas, sarana prasarana dan kemudahan akses teknologi bagi guru akan sangat membantu dalam penerapan IDL di kurikulum merdeka
2. untuk pembelajaran calon guru / kuliah kependidikan hendaknya lebih memberikan wawasan mengenai merdeka belajar agar calon guru tersebut bisa menjadi lebih siap. untuk guru yang sudah ada harus selalu meningkatkan kompetensi di masing-masing mata pelajarannya terkait UDL di merdeka belajar
3. adanya peningkatan kualitas buku teks yang diterbitkan oleh penerbit buku, baik untuk buku pegangan guru maupun buku pegangan murid, terutama yang berikatitan dengan referensi merdeka belajar
4. adanya pengurangan kegiatan administrasi bagi guru agar bisa fokus ke peningkatan mutu pembelajaran  bagi siswa
5. sering diadakan pelatihan-pelatihan bagi guru tuntuk meningkatkan pengalaman dalam implementasi merdeka belajar

Demonstrasi Kontekstual Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Pak Budi, guru kelas lima, mengajar tentang proses fotosintesis pada daun. Pak Budi menerapkan UDL dalam rancangan pembelajarannya. 

Guru: 

Mengajarkan kembali kosakata terkait dengan materi di kelas
Menerangkan proses fotosintesis di kelas 
Menunjukkan  ilustrasi proses fotosintesis pada daun dengan power point (kelas besar)
Memberikan tes di akhir pembelajaran (pilihan: menjawab isian tertulis, mengetik jawaban di computer). 

Siswa:

Uji coba proses fotosintesis pada daun di kelompok kecil
Menggunakan mikroskop untuk melihat bagian dari daun
Membuat ilustrasi gambar tentang proses fotosintesis (berpasangan), siswa dapat memilih untuk membuat project dengan gambar atau membuat alur fotosintesis dengan menempelkan benda nyata, atau mendesain presentasi.
Reviu rencana pembelajaran dari Pak Budi dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Untuk menampilkan pertanyaan, klik tombol Start Quiz. Pertanyaan akan ditampilkan satu per satu. Setelah semua pertanyaan selesai Anda jawab, klik Finish Quiz untuk mengirimkan jawaban Anda.

Pertanyaan

Pilihlah (berikan centang) prinsip penyajian yang digunakan oleh Pak Budi dalam rencana pembelajarannya.

 Memberikan beragam contoh
 Menggarisbawahi informasi penting
 Menyajikan materi dengan beragam format
 Mengaktifkan pengetahuan sebelumnya

Pilihlah (berikan centang) prinsip aksi dan ekspresi yang digunakan oleh Pak Budi dalam rencana pembelajarannya.

 Modelling ketrampilan dengan berbagai cara
 Memberikan kesempatan untuk praktik dengan dukungan
 Memberikan umpan balik
 Memberikan alternatif untuk siswa dalam mengekspresikan hasil belajar

Pilihlah (berikan centang) prinsip partisipasi yang digunakan oleh Pak Budi dalam rencana pembelajarannya.

Memberikan pilihan materi dan media belajar
 Memberikan tingkatan penguasaan yang sesuai dengan kemampuan anak
 Memberikan siswa berbagai reinforcers
 Menerapkan pengelompokan yang fleksibel

Bagaimana Pak Budi memenuhi kebutuhan gaya belajar siswa visual, auditory, taktile, dan kinestetik? Apakah ada gaya belajar yang terlewat atau belum diakomodir?
tidak ada sudah semua

Evaluasi penerapan UDL dalam pembelajaran di kelas Pak Budi. Jelaskan mana yang Anda suka dan apa yang bisa dilakukan oleh Pak Budi untuk meningkatkan pembelajaran agar memenuhi kebutuhan semua siswa?
ditambah kegiatan presentasi bagi siswa agar berlatih menyampaikan pendapatnya

Salah satu siswa Pak Budi adalah siswa dengan cerebral palsy yang menyebabkan kekakuan pada kedua tangannya. Hal tersebut menyebabkan ia kesulitan untuk menulis. Dengan RPP yang ada pada Pak Budi saat ini, apakah menurut Anda siswa tersebut dapat menyerap dan mengekspresikan hasil belajar dengan maksimal?
siswa bisa diminta untuk bercerita kembali apa yang disampaikan oleh pak budi


Demonstrasi Kontekstual Topik 6 Pembahasan – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Pembahasan: 
Cek jawaban kalian dengan paparan berikut!

1. Bagaimana Pak Budi memenuhi kebutuhan gaya belajar siswa visual, auditory, tactile, dan kinestetik? Apakah ada gaya belajar yang terlewat atau belum diakomodir?

Pembelajar Visual Presentasi dengan power point, melihat bagian daun dengan mikroskop, penggunaan soal tertulis atau akses computer yang memudahkan akses visual. 
Pembelajar Auditori Ceramah, tes di computer yang mungkin memberikan akses siswa untuk mendengar soal melalui konversi bacaan ke suara. 
Pembelajar Taktil Aktivitas praktik mengerjakan ilustrasi dengan benda nyata, uji coba proses fotosintesis yang memungkinkan untuk menyentuh benda secara langsung
Pembelajar Kinestetik Sepertinya tidak tercover di RPP
2. Evaluasi penerapan UDL dalam pembelajaran di kelas Pak Budi. Jelaskan mana yang kalian suka dan apa yang bisa dilakukan oleh Pak Budi untuk meningkatkan pembelajaran agar memenuhi kebutuhan semua siswa?

Pak Budi terlihat sudah menerapkan prinsip UDL ke dalam rancangan pembelajaran secara menyeluruh. Namun, peningkatan dapat dilakukan dalam fleksibilitas untuk aksi dan ekspresi serta penerapan prinsip untuk meningkatkan partisipasi. Pemberian pertanyaan dapat dibuat beragam. 

3. Salah satu siswa Pak Budi adalah siswa dengan cerebral palsy yang menyebabkan kekakuan pada kedua tangannya. Hal tersebut menyebabkan ia kesulitan untuk menulis. Dengan RPP yang ada pada Pak Budi saat ini, apakah menurutmu siswa tersebut dapat menyerap dan mengekspresikan hasil belajar dengan maksimal?

Dimungkinkan siswa tersebut tetap mampu berpartisipasi aktif di kelas karena ia dapat terlibat dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas dan mendapat peluang mengemukakan pendapat secara lisan. Untuk evaluasi hasil belajar, ia dapat menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas. 

Anda telah mempelajari penerapan pembelajaran berbasis UDL dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, item apa saja yang ada dalam  rancangan pembelajaran tersebut.

Klik tombol Mark as Complete di bawah ini untuk menandai aktivitas selesai dan beralih ke aktivitas selanjutnya.

Elaborasi Pemahaman Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Pada aktivitas ini, Anda diajak untuk mengelaborasi pemahaman lewat pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda yang telah disiapkan. Untuk memulai aktivitas ini, klik aktivitas Elaborasi Pemahaman Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang ada pada bagian Quizzes di bawah ini!

Pertanyaan
Manakah dari definisi berikut yang paling menggambarkan Desain Universal untuk Pembelajaran?
 Ini adalah komponen dari pembelajaran yang berbeda.
Ini adalah kerangka kerja untuk menciptakan lingkungan belajar agar dapat diakses bagi semua peserta didik
Ini adalah serangkaian proses pembelajaran yang ditetapkan secara universal.
 Ini adalah teknik pembelajaran berbasis penelitian yang efektif dengan semua siswa.

Aspek “universal” dari UDL paling baik diwakili oleh frasa mana?

 Memberikan pendidikan yang sama untuk semua
Memenuhi kebutuhan semua peserta didik
  Inklusi untuk siswa berkebutuhan khusus
 "Satu ukuran cocok untuk semua"

Apa tiga prinsip UDL?

 Hambatan, dukungan dan perancah, dan solusi
Representasi, tindakan dan ekspresi, dan keterlibatan
 Kurikulum, Instruksi, dan Penilaian
 Ilmu saraf, kecenderungan genetik, dan olahraga

Manakah dari hal berikut ini yang mewakili pendekatan penetapan tujuan berbasis UDL?

 Tujuan pembelajaran yang secara spesifik menetapkan bagaimana anak belajar
 Tujuan menyatakan cara tertentu bagaimana anak mengekspresikan hasil belajar
 Tujuan pembelajaran yang memberikan kejelasan target
 Tujuan pembelajaran yang memberikan kebebasan peserta didik mencapainya

Manakah dari hal berikut ini yang mewakili pendekatan penilaian UDL?

Yang mencerminkan tujuan pembelajaran dan dilakukan secara berkelanjutan
 Salah satu yang menghubungkan tujuan pembelajaran dengan cara untuk menunjukkan bahwa pembelajaran dan memungkinkan pemberian dukungan
 Penggunaan format tunggal dan menghalangi penggunaan beberapa dukungan
 Yang memberikan kesempatan fleksibel untuk menunjukkan pembelajaran atau keterampilan dan bergantung pada evaluasi sumatif

Manakah dari berikut ini yang benar dari rubrik dalam hal penilaian penilaian UDL?

 Mereka harus dalam format digital
 Mereka dapat dimanfaatkan jika disediakan oleh penerbit buku teks
 Mereka hendaknya diberikan kepada siswa setelah pertunjukan atau demonstrasi mereka
Mereka adalah metode evaluasi yang efektif

Menurut UDL, apa saja empat komponen kurikulum yang utama?

Desain instruksional, metode dan bahan, evaluasi, dan refleksi
Tujuan pembelajaran, bahan ajar, metode pembelajaran , dan penilaian
 Perencanaan kurikulum, desain kurikulum, pemberlakuan kurikulum, evaluasi kurikulum
 Desain kurikulum, bahan perencanaan, metode instruksional, dan penilaian siswa

Sebelum guru dapat mengizinkan siswa beberapa cara untuk mengakses dan mendemonstrasikan pembelajaran mereka, seorang guru harus terlebih dahulu mengetahui yang mana dari yang berikut ini tentang tujuan pembelajaran yang ingin dia ciptakan?

 Bagaimana siswa menunjukkan pencapaian tujuan dengan cara tertentu
 Bagaimana siswa akan mencapai tujuan
Kemungkinan hambatan yang mencegah penyelesaiannya
 Penilaian apa yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan

Lengkapi pernyataan ini!
Pembelajaran konvensional tidak memenuhi prinsip UDL karena…

 Teknologi rendah
 Fleksibel
 Kedaluwarsa
 Kaku

Memberikan banyak contoh dan bukan-contoh, memanfaatkan pengelompokan yang fleksibel, keterampilan pemodelan dalam berbagai cara, dan menawarkan pilihan dalam konten dan alat semuanya

 Persyaratan bagi siswa untuk diselesaikan dalam pelajaran UDL
 Hambatan potensial yang menghambat kemajuan siswa
 Dukungan penyampaian bagi guru yang memiliki preferensi belajar kinestetik
 Metode pembelajaran yang membahas prinsip UDL

Koneksi Antar Materi Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Pada aktivitas ini, Anda akan diajak untuk menghubungkan materi yang telah Anda pelajari dengan materi lain. Untuk memulai aktivitas, klik Koneksi Antar Materi Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada bagian Quizzes di bawah ini!

Jawablah pertanyaan di bawah ini. Jika Anda telah selesai memberikan jawaban, klik Finish Quiz yang muncul di bagian bawah untuk mengirimkan jawaban Anda.

Pertanyaan
Anda telah mempelajari pembelajaran berbasis UDL dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Sekarang, rencanakan kegiatan di kelas Anda sesuai dengan prinsip UDL!

Bu Iffa, guru Informatika, mengajar tentang jenis-jenis jaringan komputer. Bu Iffa menerapkan UDL dalam rancangan pembelajarannya. 

Guru: 

Mengajarkan kembali kosakata terkait dengan materi di kelas
Menerangkan jenis-jenis jaringan komputer di kelas 
Menunjukkan  ilustrasi jenis-jenis jaringan komputer dengan power point (kelas besar)
Memberikan tes di akhir pembelajaran (pilihan: menjawab isian tertulis, mengetik jawaban di computer). 

Siswa:

Bermain simulasi jenis-jenis jaringan komputer dengan cara siswa membentuk lingkaran di kelompok kecil
Menggunakan program simulator jaringan komputer pada komputer di lab untuk memvisualkan jenis-jenis jaringan komputer
Membuat ilustrasi gambar desain jaringan komputer (berpasangan), siswa dapat memilih untuk membuat project dengan gambar atau membuat simulasi jaringan dengan menempelkan benda nyata, atau mendesain presentasi.

Aksi Nyata Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka


Pilihlah salah satu rencana pembelajaran berbasis UDL. Unggah rencana pembelajaran tersebut di sosial media Anda dalam bentuk:

Caption
Gambar
Video singkat dll
Setelah selesai, jawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan. Klik aktivitas Aksi Nyata Topik 6 – Pembelajaran berbasis UDL dalam Kerangka Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada bagian Quizzes yang ada di bawah ini untuk memunculkan pertanyaan.

Selamat, Anda telah menyelesaikan topik pembelajaran berbasis UDL dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka

Tahapan untuk dapat secara efektif menerapkan UDL dalam kurikulum Merdeka mencakup:

  1. Mempunyai cukup pengetahuan tentang penerapan UDL. Guru-guru perlu belajar tentang bagaimana menyampaikan informasi dan mengakses siswa dengan berbagai cara. Meskipun teknologi banyak membantu mereka dalam pembelajaran, namun guru perlu memahami bahwa berbagai strategi pembelajaran (misal: memperbanyak kesempatan praktik, memberikan pembelajaran secara eksplisit) dan penyediaan akomodasi (misal: memberi label di kata kunci) dapat menjadikan pembelajaran aksesibel bagi semua siswa. 
  2. Merubah mindset untuk tidak hanya mengandalkan buku. Guru harus menyadari bahwa sumber belajar tersedia di sekolah (misal: media, peralatan untuk eksperimen, software pembelajaran, dukungan teknologi) dan di internet untuk dimanfaatkan. 
  3. Mendesain kurikulum. DI saat guru bersiap untuk menerapkan UDL, mereka harus:
    1. Mereview komponen kurikulum (tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, asesmen pembelajaran) untuk mengidentifikasi hambatan belajar. 
    2. Menggunakan prinsip UDL untuk memodifikasi tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, asesmen pembelajaran
    3. Mengajarkan sesuai prinsip UDL, mengevaluasi hasil pekerjaan siswa dan merevisi bila perlu. 
  4. Mendapat support dari kepala sekolah. Saat menerapkan UDL di kelas, sangat diperlukan dukungan dari sekolah untuk menunjang kebutuhan antara lain:
    1. Pendanaan untuk peralatan dan materi pembelajaran
    2. Tawaran akses peningkatan profesionalisme mengajar dalam bentuk pelatihan
    3. Membina kolaborasi antar guru kelas dan guru khusus untuk bekerjasama
    4. Memberikan penguatan dan dukungan emosional
  5. Melibatkan dan meningkatkan peran orang tua. Keterlibatan orang tua mempunyai efek positif dalam keberhasilan belajar siswa di sekolah, orang tua dapat mendukung penerapan UDL dalam hal:
    1. Volunteer di kelas 
    2. Mendampingi siswa mengerjakan PR
    3. Mengusung issue penerapan UDL agar didukung komite sekolah. 

Meskipun UDL ditujukan untuk mengakomodir kebutuhan belajar siswa yang beragam di kelas, namun ini bukan satu-satunya cara dalam memenuhi kebutuhan keragaman siswa di kelas. Di beberapa kasus, guru mungkin menemukan penggunaan strategi lain lebih efektif dalam mendukung kebutuhan beberapa siswa. TIdak ada satu pendekatan yang dapat memenuhi kebutuhan semua siswa di kelas. Oleh karena itu berbagai pendekatan pembelajaran perlu diterapkan di kelas.

SELANJUTNYA TOPIK 7

Komentar

Postingan Populer