SERI Universal Design for Learning Topik 7 - Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Pengantar Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Selamat datang di materi praktik pembelajaran dengan menerapkan prinsip UDL. Sebelum Anda mempelajari materi ini, silakan baca dengan seksama tujuan, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada materi ini.
Tujuan
Peserta bimtek mampu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)/modul ajar, melaksanakan pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran dengan menerapkan prinsip Universal Design for Learning (UDL).
Kompetensi Dasar
- Merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)/modul ajar dengan menerapkan prinsip UDL
- Melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan prinsip UDL
- Melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan menerapkan prinsip UDL.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Peserta bimtek mampu membuat RPP/modul ajar dengan menuliskan aktivitas penerapan prinsip UDL yang meliputi Multiple Means of Representation (Prinsip Representasi), Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan), dan Multiple Means of Action and Expression (Prinsip Aksi dan Ekspresi).
- Peserta bimtek mampu melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan prinsip UDL yang meliputi Multiple Means of Representation (Prinsip Representasi), Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan) dan Multiple Means of Action and Expression (Prinsip Aksi dan Ekspresi).
- Peserta bimtek mampu melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan menerapkan prinsip UDL yang meliputi Multiple Means of Representation (Prinsip Representasi), Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan) dan Multiple Means of Action and Expression (Prinsip Aksi dan Ekspresi).
Mulai dari Diri Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Pertanyaan
Jelaskan bagaimana cara Anda dalam membuat RPP/Modul Ajar selama ini?
Cara saya dalam membuat RPP dan modul ajar selama ini adalah menyesuaikan atau meniru dan memodifikasi rpp yang sudah ada, dan isinya sesuai dengan capaian pembelajaran yang dari pemerintah. Dalam hal memodifikasi, saya merubah beberapa isian Modul ajar sesuai dengan hal-hal yang ada di lingkungan sekitar daerah saya, maupun sekolah saya.
Bagaimana Anda menerapkan RPP/Modul Ajar yang sudah Anda buat tersebut di kelas?
Saya menerapkan RPP yang telah saya rencanakan di dalam pembelajaran kelas. Dalam beberapa point sy membuat beberapa menjadi suatu pembelajaran yang interaktif. dengan menggunakan teknologi yang tersedia. Msskipun ada kalanya terdapat revisi yang harus dilakukkan pada RPP dan atau modul ajar pada tahun berikutnya. Sedangkan pada modul ajar, terdapat beberapa latihan soal yang saya buat dengan menyesuaikan kehidupan sehari-hari dilingkungan sekitar. Agar siswa dapat lebih mudah memahami dan dapat menerapkan dikemudian hari
Bagaimana Anda melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah Anda lakukan?
Saya melakukan evaluasi terhadap pembelajaran dengan cara mengubah metode atau hal-hal lainnya secara fleksible.
Dalam evaluasi kegiatan pembelajaran, biasanya saya gunakan untuk:
1. memberikan umpan balik kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengadakan program remedial jika diperlukan bagi peserta didik.
2. menentukan nilai kemajuan atau hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran saya, sebagai bahan untuk memberikan laporan / rapor
3. untuk memahami latar belakang meliputi latar psikologis, fisik, dan lingkungan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, yang hasilnya dapat digunakan sebagai dasar dalam memecahkan kesulitan-kesulitan tersebut.
4. menempatkan peserta didik dalam situasi pembelajaran yang tepat (misalnya dalam menentukan program spesialisasi) sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.
Sehingga dengan evaluasi tersebut saya dapat mengetahui tercapai-tidaknya tujuan instruksional yang telah saya rancang. Sehingga saya dapat melakukanperbaikan proses belajar-mengajar, sebagai dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya.
Eksplorasi Konsep Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
UDL merupakan sebuah pendekatan dalam mengajar dan pembelajaran yang menghadirkan fleksibilitas dalam berbagai cara kepada siswa untuk mengakses materi dan menunjukkan pemahamannya serta berupaya untuk mempertahankan motivasi. Tujuan utama dari UDL adalah menggunakan berbagai variasi dalam metode pengajaran untuk menghilangkan berbagai hambatan dalam belajar dan memberikan manfaat bagi seluruh siswa dengan memperbesar peluang keberhasilan sehingga dapat memunculkan potensi terbaiknya dalam belajar. Dalam Implementasinya, UDL membutuhkan perencanaan yang matang oleh guru.
Eksplorasi Konsep Topik 7 Materi Prinsip 1 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
embuatan RPP/Modul Ajar dengan menerapkan Prinsip UDL pada dasarnya sama dengan pembuatan RPP umumnya, hanya saja ada aktivitas yang khusus mencirikan Penerapan Prinsip UDL. Untuk lebih memahami cara membuat RPP/Modul Ajar dengan menerapkan Prinsip UDL, Anda dipersilakan mengunduh dan mempelajari dua materi berikut dengan dan mempelajarinya seksama
Pertanyaan
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari pembuatan RPP/Modul Ajar berbasis UDL?
sebelum menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, hendaknya perlu diperhatikan elemen-elemen seperti
1. memastikan semua peserta didik mengetahui tujuam yang ingin mereka capai dalam belajar
2. terdapat pilihan yang memang disediakan dan fleksibel dipergunakan untuk semua peserta didik
3. semua peserta didik memiliki akses ke sumber belajar dari awal pembelajaran
4. peserta didik membangun dan menginternalisasi pembelajaran mereka sendiri.
selanjutnya mulai menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat:
1. rumusan kompetensi atau tujuan yang akan dicapai
2. materi dan sumber belajar yang dipergunakan
3. proses atau kegiatan yang akan dilaksanakan
4. pengembangan media
5. penilaian untuk mengetahui keberhasilan
Eksplorasi Konsep Topik 7 Materi Prinsip 2 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Prinsip UDL pada dasarnya sama dengan pelaksanaan pembelajaran pada umumnya, yaitu dengan mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran/Modul Ajar yang sudah disusun. Demikian juga dengan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Prinsip UDL, pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan RPP/Modul Ajar yang sudah dibuat, dan memfokuskan pada aktivitas yang menekankan pada aktivitas Penerapan Prinsip UDL.
Pertanyaan
Anda telah mempelajari materi tentang contoh implementasi UDL di dalam kelas. Menurut Anda, manakah aktivitas dari materi tersebut yang menunjukkan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)?
membuat catatan tujuan pembelajaran
Menyampaikan tujuan pembelajaran dapat membantu peserta didik mengetahui apa yang ingin mereka capai. Sehingga, tujuan selalu dibuat jelas di kelas UDL. Salah satunya adalah dengan memposting tujuan untuk mata pelajaran tertentu di kelas. Peserta didik kemudian dapat menuliskannya dalam buku catatan mereka sebagai upaya memotivasi dalam kegiatan belajar
Menurut Anda, manakah aktivitas dari materi tersebut yang menunjukkan Prinsip Multiple Means of Representation (Prinsip Representasi)?
Penyampaian Teks dan Audio Digital
Keberagaman peserta didik memungkinkan ada peserta didik yang tidak dapat mengakses informasi sehingga tidak dapat mempelajari materi. Dalam UDL, peserta didik di kelas diberikan akses beragam pilihan untuk membaca baik berupa cetak, digital, audiobook juga text to speech. Bisa juga pada teks digital diberikan opsi pembesaran teks dengan pilihan warna dan kontras layar. Begitu halnya dengan video yang dilengkapi teks, dan transkrip untuk audio
Menurut Anda, manakah aktivitas dari materi tersebut yang menunjukkan Prinsip Multiple Means of Action and Expression (Prinsip Aksi dan Ekspresi)?
Ruang Belajar yang Fleksibel
UDL menghadirkan fleksibilitas, salah satunya dalam lingkungan belajar. Sehingga di ruang kelas UDL, bisa dimungkinkan untuk dimunculkan ruang kerja yang fleksibel bagi peserta didik, baik saat bekerja dalam kelompok ataupun pekerjaan individual.
Menggunakan Berbagai Jenis Bantuan bagi Peserta Didik dalam kelas Penerapan UDL dalam kelas memungkinkan guru menyediakan berbagai media dan metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik melalui berbagai cara seperti memberikan bantuan-bantuan saat pembelajaran dan juga menguatkan peran teman sebaya untuk saling membantu mengajarkan pada teman lainnya.
Eksplorasi Konsep Topik 7 Materi Prinsip 3 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Setelah Anda mempelajari tentang Menyusun RPP/Modul Ajar dan implementasi UDL dalam pembelajaran, sekarang Anda akan mempelajari tentang evaluasi pembelajaran dengan menerapkan Prinsip UDL. Pada dasarnya evaluasi dengan menerapkan Prinsip UDL sama dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada umumnya, yaitu dengan mengacu pada pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Demikian juga dengan evaluasi pembelajaran dengan menerapkan Prinsip UDL, evaluasi dilaksanakan sesuai dengan RPP/Modul Ajar yang sudah dibuat tetapi dengan memfokuskan pada terakomodasinya hambatan belajar peserta didik, sehingga evaluasi yang dilaksanakan harus menyediakan materi bahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik sehingga semua peserta didik dapat mengaksesnya tanpa hambatan berarti.
Pertanyaan
Anda telah mempelajari materi tentang evaluasi pembelajaran dengan menerapkan Prinsip UDL. Menurut Anda, bagaimana cara merancang dan melaksanakan evaluasi dengan menerapkan Prinsip UDL?
Pertanyaan
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari pembuatan RPP/Modul Ajar berbasis UDL?
Pertanyaan
Anda telah mempelajari materi tentang contoh implementasi UDL di dalam kelas. Menurut Anda, manakah aktivitas dari materi tersebut yang menunjukkan Prinsip Multiple Means of Engagement (Prinsip Keterlibatan)?
Pertanyaan
Anda telah mempelajari materi tentang evaluasi pembelajaran dengan menerapkan Prinsip UDL. Menurut Anda, bagaimana cara merancang dan melaksanakan evaluasi dengan menerapkan Prinsip UDL?
Ruang Kolaborasi Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Silakan lakukan diskusi di group telegram dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:
Menurut Anda, apa yang perlu diperhatikan guru sebelum menyediakan berbagai representasi media dan metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik?
Menurut Anda, Prinsip UDL manakah yang paling berpeluang diterapkan di kelas Anda, Jelaskan alasannya!
Menurut Anda, apakah ketiga prinsip UDL dapat diterapkan di kelas Anda? Jelaskan alasannya!
Demonstrasi Kontekstual Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Pertanyaan
Berdasar identifikasi yang Anda lakukan tersebut, Sebutkan minimal 5 (lima) aktivitas yang akan Anda lakukan untuk diterapkan Prinsip UDL di kelas Anda!
Elaborasi Pemahaman Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Inklusif merupakan filosofi hidup dengan keberagaman. Dalam filosofi ini keberagaman bukan dianggap sebagai sebuah penghambat, namun merupakan sebuah pendorong kesuksesan untuk semua.
Benar
Proses desain pada pembelajaran menggunakan pendekatan Universal Design For Learning mengarah pada materi dan pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang ada.
Salah
Universal Design For Learning dikembangkan berdasarkan penelitian tentang tiga jaringan otak yang terlibat yakni affective (mengapa kita harus mempelajari ini), recognition (apa yang akan kita pelajari) dan strategic ( bagaimana cara kita mempelajarinya). Dibawah ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan guru untuk membuat ketiga jaringan tersebut terlibat, kecuali . . .
Guru harus mampu menyajikan cara yang sama kepada semua anak tanpa mempertimbangkan keunikan gaya belajar, potensi dan tantangan yang dimiliki setiap peserta didik.
Universal Design For Learning menyediakan kerangka kerja untuk melaksanakan pembelajaran yang diawali dengan . . .
Identifikasi tujuan pembelajaran untuk semua siswa yang ada di kelas
Dalam implementasi Universal Design For Learning, pada perencanaan salah satu hal yang dapat dilakukan guru adalah meninjau materi yang akan dipergunakan dalam pelajaran. Materi kurikulum yang dibuat didasarkan pada prinsip-prinsip UDL dirancang untuk dapat menjadi kurikulum yang . . .
Adaptif, fleksibel dan variatif
Menyediakan berbagai upaya untuk peserta didik dapat terlibat dan termotivasi dalam belajar serta memberikan rangsangan untuk menumbuhkan minat dalam belajar merupakan salah satu prinsip penerapan prinsip UDL yakni . . .
Multiple means of engagement
Contoh dari penerapan prinsip Multiple means of representation dalam pembelajaran adalah . . .
Menyediakan berbagai representasi media, metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik
Contoh dari penerapan prinsip Multiple means of action and expression dalam pembelajaran adalah . . .
Memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengekspresikan apa yang mereka pahami seperti melalui presentasi oral, pembuatan poster, gambar, dsb
Alternatif cara yang dapat dilakukan dalam mengevaluasi peserta didik yang beragam, kecuali. . .
Evaluasi disamakan untuk semua peserta didik di kelas
Dalam implementasi UDL, akomodasi dapat pula diberikan dalam proses evaluasi, dibawah ini yang merupakan contoh akomodasi dalam proses evaluasi yaitu . . .
cara menjawab soal
Aksi Nyata Topik 7 – Praktik Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip UDL
Setelah Anda membuat RPP/Modul Ajar dengan menerapkan Prinsip UDL. Sekarang, laksanakan pembelajaran berdasar RPP/Modul Ajar yang sudah dibuat, Dokumentasikan proses pembelajaran yang Anda lakukan. Buatlah video berdurasi max 7 menit dan highlight pada proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan UDL dan penilaian yang dilakukan. Unggah ke media penyiaran (youtube) dan /atau sosial media (Facebook, twitter, Instagram, dll) dengan menyertakan tagar:
#GBBUDL
#gtkdikmendiksus
#kemdikbudristekdikti
Komentar
Posting Komentar