SERI Universal Design for Learning Topik 4 - Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression


Pengantar Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Penerapan Prinsip Multiple Means Of Action/Expression

Selamat datang di materi Penerapan Prinsip UDL-Multiple Means of Action/Expression. Sebelum Anda mempelajari materi ini, baca dengan seksama tujuan, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada materi ini.

Tujuan

Peserta mampu menjelaskan prinsip multiple means of action/expression dan mampu merancang contoh penerapannya dalam pembelajaran di kelas. 

Kompetensi Dasar

Menjelaskan tiga prinsip multiple means of action/expression dan merancang contoh penerapannya dalam pembelajaran di kelas. 

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Peserta  mampu menjelaskan prinsip menyediakan pilihan untuk aktivitas fisik.
  2. Peserta mampu menjelaskan prinsip menyediakan pilihan untuk berekspresi dan berkomunikasi.
  3. Peserta  mampu menjelaskan prinsip menyediakan pilihan untuk berpikir eksekutif. 
  4. Peserta mampu merancang contoh penerapan prinsip menyediakan pilihan untuk aktivitas fisik dalam pembelajaran di kelas.
  5. Peserta  mampu merancang contoh penerapan prinsip menyediakan pilihan untuk berekspresi dan berkomunikasi dalam pembelajaran di kelas.
  6. Peserta mampu merancang contoh penerapan prinsip menyediakan pilihan untuk aktivitas fisik dalam pembelajaran di kelas.
Materi ini akan dipelajari dengan mengikuti alur pembelajaran sebagai berikut:


Mulai dari Diri Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Pertanyaan

Bagaimana tanggapan Anda terhadap akomodasi yang diberikan pada peserta didik di video tersebut? Apakah akomodasi tersebut perlu untuk diberikan? Apa dampaknya apabila akomodasi tersebut tidak diberikan? Ungkapkan pendapat Anda di kolom berikut:

Menurut saya akomodasi yang diberikan kepada peserta didik di video tersebut sangat tepat sesuai dengan  hambatan yang dialami oleh peserta didik tersebut.
YA, Akomodasi tersebut sangat perlu agar setelah mendapatkan pembelajaran, peserta didik dapat menerima, memahami serta dapat menerapkan di kehidupan mereka.
Menurut saya dampak yang akan terjadi jika tidak diakomodai, maka peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus tidak akan mampu menerima materi pembelajaran dengan baik. dan akhirnya tidak ada yang dapat diterima oleh mereka.

Eksplorasi Konsep Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Sebagaimana telah Anda pelajari mengenai Konsep UDL. Akomodasi perlu diberikan sehingga seluruh peserta didik dapat mengakses pembelajaran. Salah satu prinsip yang harus diterapkan di kelas yang inklusif dengan menerapkan kerangka UDL adalah prinsip multiple means of action/expression atau prinsip aksi dan ekspresi. Prinsip ini khususnya diterapkan dalam pemberian tugas dan pelaksanaan ujian selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu pada topik ini Anda akan mempelajari konsep dan contoh penerapan dari:
  1. Panduan menyediakan pilihan untuk aktivitas fisik.
  2. Panduan menyediakan pilihan untuk berekspresi dan berkomunikasi.
  3. Panduan menyediakan pilihan untuk berpikir eksekutif.
Terdapat tiga panduan yang menjadi bagian dari Prinsip Aksi dan Ekspresi sebagaimana ditunjukukkan oleh gambar berikut:



Untuk memperdalam pemahaman Anda, terdapat 3 aktivitas belajar pada bagian Quizzez yang ada di bawah ini. Ikuti aktivitas belajar tersebut secara seksama. Klik untuk memulai aktivitas.

Eksplorasi Konsep Topik 4 Materi 1 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Pertanyaan
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari panduan pertama?

Prinsip Multiple Means of Action/Expression (Prinsip aksi dan ekspresi)
1. Menyediakan pilihan-pilihan untuk aktivitas fisik
Aktivitas fisik dimaknai sebagai pelibatan anggota gerak tubuh untuk merespon aktivitas pembelajaran yang sedang berlangsung. Sebagai contoh, peserta didik melaksanakan ujian tulis berbasis komputer. Aktivitas fisik ini juga kerap kali mendominasi aktivitas pembelajaran di kelas. Oleh karena itu,
untuk memastikan pembelajaran di kelas Anda berjalan inklusif dan memenuhi kerangka UDL, panduan penyediaan pilihan-pilihan untuk aktivitas fisik berikut perlu Anda pahami. Dengan cara 
1. Memvariasikan Metode untuk Merespon dan Menavigasi
Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan aktivitas ini bisa diakses oleh setiap peserta didik adalah sebagai berikut:

    • Memberikan alternatif untuk laju, durasi, dan kecepatan dalam aksi fisik ketika peserta didik melakukan interaksi dengan materi pembelajaran, manipulasi fisik, dan penggunaan teknologi 
    • Menyediakan alternatif untuk merespons atau menunjukkan pilihan secara fisik (misalnya, alternatif untuk menandai dengan pena dan pensil, alternatif untuk kontrol mouse).
    • Memberikan alternatif untuk berinteraksi secara fisik dengan materi dengan tangan, suara, sakelar tunggal, joystick, keyboard, atau keyboard yang dimodifikasi sesuai kebutuhan.
2. Mengoptimalisasi Akses ke Alat Bantu dan Teknologi Asistif

Alat bantu merupakan perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Sedangkan teknologi asistif adalah alat bantu yang didesain secara khusus untuk
digunakan oleh peserta didik untuk mempermudah mereka dalam belajar. Beberapa hal yang bisa dilakukan : 
  • Menyediakan perintah alternatif pada keyboard sehingga dapat menggunakan mouse/tetikus.
  • Mendesain switch/tombol pada keyboard sehingga mudah diakses secara mandiri.
  • Menyediakan akses ke alternatif keyboard. Beberapa contoh alternatif keyboard seperti(sumber: https://abilitynet.org.uk/factsheets/keyboard-and-mouse-alternatives-and-adaptations)
  • Mendesain layar untuk disentuh dan dapat didukung untuk keyboard.
  • Memilih perangkat lunak yang mendukung keyboard alternatif.

Eksplorasi Konsep Topik 4 Materi 2 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Panduan selanjutnya dalam Prinsip Aksi dan Ekspresi adalah Menyediakan Pilihan untuk Berekspresi dan Berkomunikasi. Dalam merespon ketika pembelajaran tentu peserta didik harus mengekspresikan serta mengkomunikasikan responnya. Ada beberapa panduan untuk memastikan hal ini dapat diakses oleh seluruh peserta didik meliputi: Menggunakan berbagai jenis media untuk berkomunikasi, menggunakan berbagai alat untuk mengkonstruksi dan menyusun ide, membangun kemahiran dalam belajar dengan dukungan berjenjang. Untuk mempelajari  lebih lanjut konsep tersebut, silahkan  mengunduh materi berikut dan silahkan pelajari dengan seksama.
Pertanyaan
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari panduan kedua?

Prinsip Multiple Means of Action/Expression (Prinsip aksi dan ekspresi)
2.  Menyediakan pilihan untuk berekspresi dan komunikas
Dalam kegiatan pembelajaran, lazim guru meminta peserta didik untuk memberikan respon atas instruksi yang disampaikan. Respon tersebut umumnya disampaikan melalui ekspresi maupun komunikasi. Beberapa pilihan yang bisa digunakan :
1. Menggunakan Berbagai Jenis Media untuk Berkomunikasi.
Terdapat beberapa jenis komunikasi yang lazim diterapkan oleh peserta didik. Komunikasi tersebut meliputi: komunikasi verbal, komunikasi tertulis, dan komunikasi non-verbal. Untuk mengakomodasi keberagaman cara berkomunikasi peserta didik maka penggunaan berbagai jenis media sangat direkomendasikan
  • Mengerjakan tugas menggunakan multimedia.
  • Menggunakan media manipulasi fisik.
  • Menggunakan media sosial dan alat web interaktif.
  • Menyelesaikan masalah dengan menggunakan berbagai strategi
2. Menggunakan Berbagai Alat untuk Mengkonstruksi dan Menyusun Respon
Dalam beberapa aktivitas pembelajaran, peserta didik diminta untuk mengkonstruksi dan menyusun respon terhadap suatu tugas yang diberikan oleh guru.
  1. Menyediakan perangkat pengecek ejaan, pengecekan tata bahasa, dan perangkat lunak untuk prediksi kata. 
  2. Menyediakan perangkat lunak Text-To-Speech atau teks menjadi suara, perekam dikte, dan rekaman. Perangkat-perangkat lunak tersebut sudah dapat diakses secara gratis. 
  3. Menyediakan kalkulator, graphing kalculator, perangkat lunak geometric sketchpad, dan buku kotak. 
  4. Menyediakan potongan-potongan kalimat. Hal ini dilakukan sebagai bantuan untuk peserta didik apabila kesulitan untuk menyusun kalimat secara mandiri. 
  5. Menggunakan story web, alat untuk membuat kerangka, dan peta konsep. 
  6. Menyediakan Computer-Aided Design (CAD), perangkat lunak untuk notasi musik, dan perangkat lunak untuk rumus matematika. 
  7. Menyediakan media manipulasi untuk matematika baik virtual maupun konkrit. 
  8. Menggunakan aplikasi web. Guru dapat merekomendasikan peserta didik untuk mengakses Wikipedia, Canva atau website serupa lainnya untuk membantu peserta didik mengkonstruksi dan menyusun respon.
3. Membangun Kemahiran dalam Belajar dengan Dukungan Bertahap
Dalam kelas heterogen yang terdiri atas peserta didik dengan berbagai jenis karakteristik. Membangun kemahiran dapat dilakukan melalui dukungan secara bertahap. DEngan cara sebagai berikut :
  1. Menyediakan berbagai jenis model penyelesaian masalah. 
  2. Menyediakan banyak guru dengan karakter yang berbeda. 
  3. Menyediakan dukungan yang sedikit demi sedikit dapat dikurangi seiring kemajuan belajar peserta didik. 
  4. Menyediakan umpan balik yang bervariasi. Umpan balik dapat disampaikan secara tertulis, melalui rekaman suara, ataupun melalui rekaman video.
  5. Menyediakan berbagai contoh solusi baru untuk masalah-masalah yang autentik.

Eksplorasi Konsep Topik 4 Materi 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Panduan ketiga dalam Prinsip Aksi dan Ekspresi adalah Menyediakan Pilihan untuk Berpikir Eksekutif. Berpikir eksekutif adalah kemampuan mental peserta didik untuk merencanakan pembelajaran, menerima pembelajaran dan mengaplikasikan pembelajaran yang diterima dengan baik. Ada beberapa panduan yang bisa diikuti meliputi: memandu pencapaian yang relevan, mendukung perencanaan dan strategi pengembangan, memfasilitasi manajemen informasi dan sumber, meningkatkan kapasitas untuk memantau progres. Untuk mempelajari  lebih lanjut konsep tersebut, silahkan  mengunduh materi berikut dan silahkan pelajari dengan seksama.

Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari panduan ketiga?
Prinsip Multiple Means of Action/Expression (Prinsip aksi dan ekspresi)
3. Menyediakan pilihan untuk berpikir eksekutif
Salah satu kemampuan yang harus selalu digunakan peserta didik selama pembelajaran berlangsung adalah kemampuan berpikir eksekutif. Kemampuan berpikir eksekutif merupakan kemampuan mental dari peserta didik untuk merencanakan pembelajaran, menerima pembelajaran, dan mengaplikasikan pembelajaran yang sudah diperoleh. Kemampuan ini sangat perlu untuk diberikan dukungan sehingga peserta didik dapat menyelesaikan pembelajaran dengan optimal. Khususnya di kelas yang memiliki peserta didik yang beragam, dimana masingmasing peserta didik memiliki tingkat kemampuan berpikir eksekutif yang berbeda. Untuk memastikan pembelajaran di kelas dapat berlangsung dengan memaksimalkan
kemampuan berpikir eksekutif masing-masing peserta didik, berikut adalah panduan yang dapat diiikuti:

1. Memandu Pencapaian Tujuan yang Relevan
Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh guru sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Menyediakan prompt dan dukungan berjenjang dalam memperkirakan usaha yang harus dikeluarkan, sumber belajar, dan kesulitan yang akan dialami oleh peserta didik.
b. Menyediakan model atau contoh dari langkah-langkah dan produk yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
c. Menyediakan panduan dan daftar cek untuk memandu pencapaian tujuan. Dalam tujuan pembelajaran yang kompleks, alangkah baiknya guru dapat memecah tujuan tersebut ke tujuan-tujuan yang lebih kecil.
d. Memajang target, tujuan pembelajaran, dan jadwal di area yang mudah dilihat

2. Mendukung Perencanaan dan Pengembangan Strategi
Beberapa tips yang dapat Anda terapkan adalah:
a. Mengajarkan peserta didik untuk “berhenti dan berpikir” sebelum melaksanakan sesuatu. Hal ini tidak harus dilakukan secara eksplisit, tetapi dapat secara implisit ketika pembelajaran
berlangsung.
b. Memberikan kesempatan peserta didik untuk mempresentasikan dan menjelaskan hasil kerjanya. Hal ini dapat dilakukan melalui; reviu portofolio, kritik sastra, dan aktivitas serupa
lainnya. 
c. Menyediakan daftar cek dan template untuk perencanaan proyek. Paling tidak daftar cek dan template ini harus mencakup pemahaman terhadap masalah, urutan prioritas yang akan
dikerjakan, langkah-langkah pelaksanaan dan jadwal pelaksanaan.
d. Terapkan model think-aloud ketika mengajarkan peserta didik menyelesaikan suatu permasalahan. Sebagai contoh, Anda menyuarakan apapun yang ada di pikiran Anda ketika
menyelesaikan soal cerita Matematika. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan contoh penyelesaian masalah kepada peserta didik.
e. Memandu peserta didik untuk memecah tujuan pembelajaran yang kompleks atau tujuan
pembelajaran jangka panjang menjadi tujuan-tujuan jangka pendek yang dapat lebih mudah
untuk dicapai.

3. Memfasilitasi Manajemen Informasi dan Sumber Belajar
Beberapa hal yang dapat Anda terapkan adalah:
a. Menyediakan graphic organizers dan template untuk pengumpulan data dan mengorganiosasi informasi. Graphic organizers adalah alat bantu untuk memvisualisasikan dan mengkonstruksi ide dalam berbagai bentuk grafis. Beberapa contoh dari graphic organizers adalah (https://creately.com/blog/diagrams/types-of-graphic-organizers/)
b. Menyediakan prompt untuk membuat kategori dan membuat sistem. Anda dapat memberikan dukungan kepada peserta didik, ketika membuat kategori dari informasi yang diperoleh ataupun membuat satu sistem dari informasi yang diperoleh.
c. Menyediakan daftar cek dan panduan untuk mencatat. Anda dapat menyediakan daftar cek dan panduan untuk mencatat informaPrinsip Multiple Means of Action/Expression (Prinsip aksi dan ekspresi)
1. Menyediakan pilihan-pilihan untuk aktivitas fisik
Menggunakan aplikasi cisco  untuk merakit komputer dan merancang jaringan sebagai pengganti kegiatan secara langsung di dunia nyata
2. Menyediakan pilihan untuk berekspresi dan komunikasi
Peserta didik dibebaskan membuat penyelesaian tugas mebuat kerajinan lokal, diperbolehkan dalam bentuk video tiktok, infografis menggunakan canva dll, ataupun video youtube
3. Menyediakan pilihan untuk berpikir eksekutif
Peserta didik diminta untuk membuat rencana kegiatan pada penyelesaian proyek pembuatan kerajinan  lokal dan membuat  progress kegiatan penyelesaian dalam bentuk tabel maupun infografis

si yang diperoleh dari berbagai sumber. Anda dapat menyediakan contoh rangkuman informasi dari berbagai sumber di topik tertentu.

4. Meningkatkan Kapasitas untuk Memantau Progres/Kemajuan
Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kapasitas tersebut
adalah sebagai berikut
a. Mengajukan pertanyaan untuk membantu monitoring diri dan refleksi. Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik, misalnya; Apakah kamu puas dengan hasil kerja kamu hari ini? Apa saja yang masih ingin kamu perbaiki?
b. Menunjukkan contoh visualisasi kemajuan. Kemajuan lebih baik dapat divisualisasikan sehingga lebih mudah untuk diukur dan diawasi. Beberapa contoh visualisasi kemajuan meliputi:
1) Foto sebelum dan sesudah.
2) Grafik atau diagram yang menunjukkan kemajuan.
3) Portofolio seluruh kegiatan.
4) Laporan kemajuan.
c. Mengajak peserta didik untuk mengidentifikasi umpan balik atau masukan yang mungkin mereka perlukan. Hal ini dapat dilakukan dengan menanyakan ke peserta didik secara langsung, Apa saja komentar yang kamu harapkan dari saya? Anda juga dapat menunjukkan berbagai contoh umpan balik.
d. Menggunakan template untuk memandu refleksi diri.
e. Menyediakan berbagai jenis strategi asesmen diri. Beberapa strategi asesmen diri yang dapat Anda ajarkan adalah:
1) Bermain peran.
2) Reviu video.
3) Peer review.
f. Menggunakan berbagai alat untuk mengukur kemajuan. Beberapa alat yang direkomendasikan meliputi:
1) Daftar cek.
2) Rubrik penilaian.
3) Catatan langsung di hasil kerja.

Ruang Kolaborasi Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Silahkan bergabung dalam forum diskusi di telegram dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut

Menurut Anda hambatan apa yang mungkin muncul dalam penerapan prinsip penyediaan aksi dan ekspresi?

iya ibu, dengan adanya variasi yang telah kita buat, maka diperlukan evaluasi kembali apakah penerapan tersebut sudah membuat peserta didik merasa bahagia dan nyaman

1. Menurut saya karena adanya  berbagai macam perbedaan kebutuhan peserta didik PDBK, maka sangat diperlukan berbagai cara / strategi yang diperlukan untuk mengakomodasinya. Hambatan yang mungkin terjadi adalah dalam merancang, merencanakan, membuat dan merealisasikan bentuk akomodasi yang sangat beragam akan membutuhkan tenaga dan proses yang lama.
 
2. Menurut saya, untuk memastikan penerapan prinsip tersebut, maka diperlukan dukungan dari lingkungan sekitar seperti peserta didik, rekan sejawat dan Guru, wali murid, dan masyarakat serta kerjasama antar lembaga atau instansi terkait untuk memfasilitasi sarana pendidikan, sehingga sekolah dapat memiliki fasilitas atau akses pendukung dalam memajukan peserta PDBK

Menurut bapak ibu, bagaimana cara kita mengatasi hambatan tersebut??
Mohon umpan baliknya


Demonstrasi Kontekstual Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Pertanyaan
Anda telah mempelajari prinsip Aksi dan Ekspresi. Lakukan identifikasi 5 kegiatan di kelas Anda yang dapat diterapkan prinsip tersebut! 

Identifikasi 5 kegiatan yang biasa saya terapkan dikelas saya, yang dapat menggunakan pada Prinsip Multiple Means of Action/Expression (Prinsip aksi dan ekspresi)
1. Menyediakan pilihan-pilihan untuk aktivitas fisik
- Menggunakan aplikasi cisco  untuk merakit komputer 
- Merancang jaringan sebagai pengganti kegiatan secara langsung di dunia nyata
2. Menyediakan pilihan untuk berekspresi dan komunikasi
Peserta didik dibebaskan membuat penyelesaian tugas mebuat kerajinan lokal, diperbolehkan dalam bentuk :
- video tiktok, 
- infografis menggunakan canva dll, ataupun 
- video youtube
3. Menyediakan pilihan untuk berpikir eksekutif
Peserta didik diminta untuk :
- membuat rencana kegiatan pada penyelesaian proyek pembuatan kerajinan  lokal dan 
- membuat  progress kegiatan penyelesaian dalam bentuk tabel maupun infografis


Elaborasi Pemahaman Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Pertanyaan

Dalam pelajaran Bahasa Inggris, peserta didik diminta untuk menyusun teks narasi sederhana. Untuk memastikan peserta didik tidak melakukan kesalahan dalam tata bahasa, guru menyediakan peserta didik dengan aplikasi pengecek tata bahasa. Hal yang dilakukan oleh guru ini merupakan aplikasi dari prinsip?

Menggunakan berbagai alat untuk mengkonstruksi dan menyusun respon

Guru menyediakan pilihan pada peserta didik untuk memilih keyboard yang lebih mendukung ketika dilaksanakan praktik belajar komputer. Hal yang guru lakukan ini merupakan contoh dari prinsip?

Mengpotimalisasi akses ke alat dan teknologi asistif

Guru menggunakan forum diskusi secara daring untuk menjaring respon peserta didik. Hal ini merupkan penerapan dari prinsip?

Menggunakan berbagai jenis media untuk berkomunikasi

Di dalam ruang kelas guru menyediakan jadwal visual aktivitas yang harus dilakukan peserta didik setiap hari. Guru berharap dengan jadwal ini peserta didik selalu siap untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. Hal yang guru lakukan ini merupakan bagian dari prinsip?

Memandu pencapaian tujuan yang relevan

Guru sedang memberikan proyek keterampilan tangan pada peserta didik. Guru meminta peserta didik untuk selalu mendokumentasikan kemajuan yang sudah dibuat. Hal yang guru lakukan ini adalah bagian dari prinsip?

Meningkatkan kapasitas untuk memantau kemajuan

Pilihlah dua panduan yang paling sesuai dengan prinsip berikut: Memandu pencapaian  tujuan yang relevan

Menyediakan prompt dan dukungan berkenjang dalam memperkirakan usaha yang harus dikeluarkan, sumber belajar dan kesulitan
dan 
Memajang target, tujuan pembelajaran dan jadwal di area yang mudah dilihat

Pilihlah dua panduan yang sesuai dengan prinsip berikut: Menggunakan berbagai jenis media untuk berkomunikasi

Menggunakan media manipulasi fisik
dan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan berbagai strategi

Pilihlah dua panduan yang sesuai dengan prinsip berikut: Menggunakan berbagai alat untuk mengkonstruksi dan menyusun respon

Menyediakan perangkat pengecekan ejaan dan 
Menggunakan aplikasi web

Pilihlah dua panduan yang sesuai dengan prinsip berikut: Mengoptimalkan akses ke alat dan teknologi asistif

Memilih perangkat lunak yang mendukung keyboard alternatif dan
Menyediakan akses ke altenatif keyboard

Memfasilitasi manajemen informasi dan sumber belajar
Menyediakan graphic organizer untuk mengorganisasikan informasi dan 
Menyediakan daftar cek dan panduan untuk mencatat


Koneksi Antar Materi Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Pertanyaan
Tuliskan rencana kegiatan di kelas Anda sesuai 3 prinsip dalam prinsip penyediaan aksi dan ekspresi!

Rencana kegiatan yang akan saya terapkan dikelas saya dengan menggunakan pada Prinsip Multiple Means of Action/Expression (Prinsip aksi dan ekspresi)
1. Menyediakan pilihan-pilihan untuk aktivitas fisik
- Menggunakan aplikasi cisco  untuk merakit komputer 
- Merancang jaringan sebagai pengganti kegiatan secara langsung di dunia nyata
2. Menyediakan pilihan untuk berekspresi dan komunikasi
Peserta didik dibebaskan membuat penyelesaian tugas mebuat kerajinan lokal, diperbolehkan dalam bentuk :
- video tiktok, 
- infografis menggunakan canva dll, ataupun 
- video youtube
3. Menyediakan pilihan untuk berpikir eksekutif
Peserta didik diminta untuk :
- membuat rencana kegiatan pada penyelesaian proyek pembuatan kerajinan  lokal dan 
- membuat  progress kegiatan penyelesaian dalam bentuk tabel maupun infografis

Aksi Nyata Topik 4 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Action/Expression

Pertanyaan
  1. Nama akun media sosial Anda
  2. Waktu dalam jam ketika Anda menggunggah postingan (contoh 12.30 WIB)
  3. Tautan postingan
SELANJUTNYA TOPIK 5

Komentar

Postingan Populer