SERI Universal Design for Learning Topik 2 - Konsep dan Prinsip Universal Design For Learning (UDL)


Pengantar Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Tujuan

Peserta bimtek mampu memahami dan menjelaskan konsep dan prinsip Universal Design for Learning (UDL). 

Kompetensi Dasar

Menjelaskan konsep dan tiga prinsip Universal Design for Learning (UDL) yaitu prinsip keterlibatan (multiple means of engagement), prinsip representasi (multiple means of representation), dan prinsip aksi dan ekspresi (multiple means of action and expression)

Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Peserta bimtek mampu menjelaskan konsep dasar universal design for Learning.
  2. Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip keterlibatan (multiple means of engagement).
  3. Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip representasi (multiple means of representation).
  4. Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip aksi dan ekspresi (multiple means of action and expression)

Mulai dari Diri Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Bagaimana tanggapan Anda terhadap realitas bahwa peserta didik memiliki berbagai karakteristik yang berbeda. Selain itu, beberapa dari peserta didik memiliki keterbatasan dan berkebutuhan khusus seperti keterbatasan fisik, intelektual, dan emosi.

Pertanyaan

Apakah akomodasi tersebut perlu untuk diberikan? Apa dampaknya apabila akomodasi tersebut tidak diberikan?  Ungkapkan pendapat Anda di kolom berikut. 

Jawab :

Iya, Perlu diberikan akomodasi untuk peserta didik yang memiliki berbagai karakteristik yang berbeda. Selain itu, beberapa dari peserta didik memiliki keterbatasan dan berkebutuhan khusus seperti keterbatasan fisik, intelektual, dan emosi.

Karena apabila tidak diakomodasi maka tidak akan tercapainya tujuan dari pendidikan inklusif .

Salah satu akomodasi yang digunakan dalam pendidikan Inklusif adalah penggunaan desain pembelajaran berbasis Universal Design For Learning (UDL). Universal Design For Learning (UDL) adalah sebuah kerangka perencanaan pembelajaran dapat meningkatkan akses yang bermakna dan mengurangi hambatan belajar peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam, termasuk, peserta didik berkebutuhan khsusus. UDL menekankan pada pembelajaran yang fleksibel, bermakana dan keterlibatan. 


Eksplorasi Konsep Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Akomodasi perlu diberikan sehingga seluruh peserta didik dapat mengakses pembelajaran. 

Dalam mendesain pembelajaran, Anda dapat mengantisipasi keberagaman peserta didik Anda. Ada kerangka kerja (framework) yang dapat Anda terapkan untuk mendukung pembelajaran anda yaitu Universal Design for Learning (UDL).

Universal Design for Learning (UDL) adalah kerangka berfikir (framework) pengajaran yang berfungsi untuk mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan semua peserta didik dan menghilangkan hambatan dalam proses pembelajaran.

Quizzes
  • Eksplorasi Konsep Topik 2 – Pengantar Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)
Universal Design for Learning (UDL) adalah kerangka berfikir (framework) pengajaran yang berfungsi untuk mengakomodasi kebutuhan dan kemampuan semua peserta didik dan menghilangkan hambatan dalam proses pembelajaran.
Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan?

Kesimpulan :

Universal Design for Learning (UDL) adalah kerangka kerja (framework) untuk merancang bahan dan metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik. Sehingga dapat menyediakan akses penuh kepada peserta didik berkebutuhan khusus, khususnya melalui penyediaan teknologi yang mendukung.

Prinsip UDL yang berdasarkan kesetaraan akses bertujuan mengurangi hambatan fisik, kognitif, dan hambatan belajar  dengan mengakomodasi perbedaan peserta didik dari berbagai spektrum. Dan menerapkan fleksibilitas sehingga setiap individu mempunyai strategi belajar yang tepat sehingga memudahkan guru mencapai target pembelajaran dan mengurangi hambatan belajar. Selain itu, UDL menerapkan pendekatan asesmen yang tidak tunggal , yang mana peserta didik memiliki cara yang berbeda dalam menunjukkan hasil belajar mereka. Karena lingkungan belajara yang baik adalah lingkungan belajar yang memiliki berbagai skenario pembelajaran, beberapa cara untuk terlibat dalam pembelajaran, dan beberapa pilihan untuk menunjukkan hasil belajar peserta didik.

UDL bertujuan untuk membantu pendidik memfasilitasi penggunaan berbagai metode pembelajaran untuk menghilangkan hambatan belajar dan memberi semua peserta didik kesempatan yang sama untuk berhasil dalam proses pembelajaran. Serta membangun fleksibilitas yang dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kebutuhan setiap peserta didik untuk bisa berpartisipasi dalam pembelajaran.

Manfaat UDL bagi Peserta didik:

✓ Memenuhi keberagaman kebutuhan peserta didik dengan mengurangi resiko hambatan belajar.

✓ Memberikan tantangan dan level kesulitan materi yang sesuai dengan keberagaman kemampuan peserta didik.

✓ Memungkinkan anak belajar sesuai dengan kecenderungan gaya belajar mereka.

✓ Memunculkan cara alternatif untuk peserta didik dalam menerima dan menyampaikan informasi tentang apa yang ia pelajari. 

  • Eksplorasi Konsep Topik 2 Materi Prinsip 1 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Universal Design for Learning (UDL) memiliki tiga prinsip yaitu prinsip keterlibatan (multiple means of engagement), prinsip representasi (multiple means of representation), dan prinsip aksi dan ekspresi (multiple means of action and expression). Anda akan mempelajari tiga prinsip tersebut secara ringkas yang kemudian akan dijelaskan lebih detail dalam sesi selanjutnya, prinsip pertama adalah prinsip keterlibatan (multiple means of engagement). 

Jawab :

UDL menyediakan berbagai sumber untuk konten di berbagai tingkat pembelajaran. Prinsip ini akan memberikan tantangan kepada peserta didik yang lebih cepat tanggap dan mendukung peserta didik yang mengalami kesulitan.

Prinsip keterlibatan dalam UDL dalam :

1. Tahapan akses menyediakan pilihan untuk menarik minat peserta didik dengan mengoptimalkan pilihan individu dan mengoptimalkan relevansi, nilai dan keaslian dan mengurangi hambatan. D

2. Tahapan membangun, prinsip keterlibatan menyediakan pilihan untuk mempertahankan usaha lewat meningkatkan pentingnya tujuan; membuat variasi sumber, memupuk kerjasama; dan meningkatkan penguasaan berbasis umpan balik.

3. Dalam tahapan internalisasi, prinsip keterlibatan menyediakan pilihan untuk regulasi pribadi dengan mempromosikan harapan untuk meningkatkan motivasi; memfasilitasi keterampila penguasaan pribadi; dan mengembangkan asesmen diri dan refleksi.

  • Eksplorasi Konsep Topik 2 Materi Prinsip 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Prinsip kedua dalam Universal Design for Learning (UDL) adalah prinsip representasi (multiple means of representation).

Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari prinsip representasi (multiple means of representation)?

Jawab :

Prinsip Representasi dalam UDL mengacu pada penyajian informasi dan materi dalam berbagai cara. Guru menggunakan prinsip ini sebagai sarana untuk menjelaskan suatu konsep atau memberikan informasi.

Peserta didik lain di kelas yang sama mendapatkan kesempatan untuk melihat bentuk dengan cara yang berbeda, dan untuk terlibat dalam kegiatan belajar, bukan hanya mengamati. 

Prinsip representasi (multiple means of representation) 

Usaha untuk melibatkan semua peserta didik dalam hal-hal yang menarik dan yang akan memotivasi mereka untuk belajar. Proses menerapkan prinsip UDL representasi ini bisa dilakukan dengan:

  1. Menyajikan konten dalam berbagai cara (video, teks, grafik, dll),
  2. Menyajikan konten dalam bahasa yang sesuai (bahasa isyarat, bahasa pengantar yang sesuai dengan konten), 
  3. Mengaktifkan pengetahuan mereka tentang topik tertentu terlebih dahulu sebelum mengajarkan konten baru.

  • Eksplorasi Konsep Topik 2 Materi Prinsip 3 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Prinsip ketiga dalam Universal Design for Learning (UDL) adalah prinsip aksi dan ekspresi (multiple means of action and expression). Unduh materi berikut dan pelajari dengan seksama.

Setelah membaca materi tersebut apa yang dapat Anda simpulkan dari prinsip aksi dan ekspresi (multiple means of action and expression)?

Prinsip Aksi dan Ekpresi (multiple means of action and expression) dalam UDL terkait dengan cara untuk mengungkapkan apa yang telah dipelajari peserta didik. Guru menggunakan prinsip ini ketika mereka menemukan lebih dari satu cara untuk menilai pengetahuan yang telah diperoleh peserta didik.

Prinsip dasar UDL yang ketiga membahas mengenai bagaimana cara untuk mengetahui apa yang telah dipelajari peserta didik.

Proses menerapkan prinsip UDL aksi dan ekspresi ini bisa dilakukan dengan:

    1. Mengajukan berbagai pertanyaan selama memberikan instruksi, 
    2. Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memberikan jawaban dalam berbagai cara (secara lisan, tulisan, gambar, jempol keatas/kebawah, dll),
    3. Menilai peserta didik dalam berbagai cara ketika memberikan penilaian dalam pembalajaran (lisan, tertulis, kuis, presentasi, dll),
    4. Menyediakan alat untuk mendukung demonstrasi pembelajaran, dan
    5. Memberikan pilihan dalam demonstrasi pembelajaran, dan membimbing pilihan mereka.

Ruang Kolaborasi Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Jelaskan hal baru yang Anda ketahui dari konsep dan prinsip Universal Design for Learning (UDL)?

Hal baru yang saya pelajari adalah dalam mendesain sebuah pembelajaran diperlukan suatu rancangan kerangka kerja yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan inklusi, yaitu dengan kerangka kerja Universal Desain Learning (UDL). Yang mana UDL bertujuan untuk membantu pendidik memfasilitasi penggunaan berbagai metode pembelajaran untuk menghilangkan hambatan belajar dan memberi semua peserta didik kesempatan yang sama untuk berhasil dalam proses pembelajaran. Serta membangun fleksibilitas yang dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kebutuhan setiap peserta didik untuk bisa berpartisipasi dalam pembelajaran.
Dengan UDL guru dapat :
  1. menggunakan prinsip keterlibatan dalam merencanakan dan membuat sumber belajar peserta didik. 
  2. mengggunakan prinsip representasi untuk membuat atau menyajikan materi dengan bebrabgai konten
  3. menggunakan prinsip aksi dan ekspresi untuk mengungkapkan apa yang telah dipelajari peserta didik

Demonstrasi Kontekstual Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Anda telah mempelajari konsep dan prinsip Universal Design for Learning (UDL). Menurut Anda, bagaimana Universal Design for Learning (UDL) dapat membantu Anda mengatasi hambatan pembelajaran di kelas?. Sebutkan satu contoh hambatan di kelas Anda dan bagaimana UDL dan prinsip UDL bisa membantu mengatasi hambatan tersebut?

Bagaimana Universal Design for Learning (UDL) dapat membantu Anda mengatasi hambatan pembelajaran di kelas?

JAWAB :
Universal Design for Learning dapat membantu mengatasi hambatan dalam penentuan perencanaan strategi pembelajaran di dalam kelas, dengan memberikan banyak pilihan berdasarkan prinsip UDL. 
1. segi konten sumber belajar, 
2. metode pengumpulan tugas siswa 
3. penyampaian umpan balik dari siswa dalam kegiatan pembelajaran

Sebutkan satu contoh hambatan di kelas Anda dan bagaimana UDL dan prinsip UDL bisa membantu mengatasi hambatan tersebut?

JAWAB :
Contoh hambatan saya di kelas adalah 
1. Konten materi pembelajaran 
Ketika memberikan konten materi pembelajaran kepada peserta didik, saya hanya membuat media PRESENTASI dengan tampilan visual saja. Setelah dilihat beberapa peserta didik ada yang lebih mudah memahami sesuatu dengan mendengarkan suara / Audio). Dan beberapa siswa juga ada yang bisa memahami pembejaran melalui audio dan visual.
jadi dengan sistem UDL, saya harus membuat berbagai pilihan sumber materi baik audio ataupun visual. dan lebih mudahnya visual kita dapat ambil sumber dari youtube.
2. Hasil dan Umpan balik siswa 
Media pengumpulan tugas dapat atau diperbolehkan bervariasi sesuai bakat minat  peserta didik. Dapat berupa video tiktok maupun infografis dari canva

Elaborasi Pemahaman Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Manakah dari berikut ini yang paling akurat menggambarkan UDL?
Sebuah kerangka kerja untuk merancang lingkungan belajar dan pelajaran yang tidak ada hambatan dan berbasis instruksional

Apa tiga prinsip utama UDL?
Engagement, Representation, and Action & Expression

Untuk merancang lingkungan belajar menggunakan kerangka kerja UDL, Anda perlu memahami area penting mana?
Semua Benar

Benar atau Salah: UDL bisa digunakan dalam semua mata pelajaran
Benar

Benar atau Salah: UDL sebagian besar hanya membantu peserta didik berkebutuhan khusus.
Salah

Bagian besar dari implementasi UDL yang berhasil adalah menarik minat siswa. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan strategi UDL untuk melibatkan peserta didik?
Mengoptimalkan nilai hiburan

Salah satu tujuan kerangka kerja UDL adalah untuk menghasilkan peserta didik yang…
Pandai, memiliki tujuan, dan termotivasi

Menurut prinsip-prinsip UDL, manakah dari cara ekspresi berikut yang sesuai bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui tentang pelajaran?
Semua Diatas

Benar atau salah: Hambatan pembelajaran dipengaruhi oleh lingkungan kelas
Benar

Menyediakan teks elektronik dan juga audio pembelajaran merupakan bagian dari prinsip
Representation

Koneksi Antar Materi Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Jelaskan strategi apa yang akan anda gunakan untuk membuat pembelajaran berbasis UDL untuk semua siswa, termasuk siswa yang berkebutuhan khusus?
JAWAB :
  • Mengadaptasi metode pembelajaran.
Selain menggubah bentuk fisik ruangan didalam kelas, guru juga perlu mengadaptasi metode pengajaran disesuaikan dengan anak murid berkebutuhan khusus yang ada didalam kelasnya. Contoh yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan penjelasaan terlebih dahulu terhadap kata kata yang sulit pada saat memberikan pelajaran membaca.
  • Mengadaptasi tugas dikelas dan dirumah.
Murid murid yang mempunyai berbagai macam kekurangan membutuhkan adaptasi dalam mengerjakan tugas dikelas dan dirumah. Strategi pendidikan inklusif yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan cara bekerja sama didalam kelompok dengan menggabungkan murid yang normal dengan yang berkebutuhan khusus. Juga dapat memberikan tambahan waktu ketika mereka mengerjakan tugas tugas mereka.
  • Mengadaptasi kuis dan ujian.
Jika ada murid yang lemah dalam membaca dan menulis karena kekurangan dapat diatasi dengan cara memberikan kuis atau ujian dengan teknik audio. Guru juga dapat membacakan soal soal ke murid yang berkebutuhan khusus, serta pertimbangkan untuk memberikan tambahan waktu.

Strategi pendidikan inklusif dapat berjalan dengan baik ketika semua lapisan didalam sekolah dan masyarakat mengerti arti dari keberagaman.

Aksi Nyata Topik 2 – Konsep dan Prinsip Universal Design for Learning (UDL)

Pilihlah salah satu pelajaran penting (lesson learned) yang Anda pelajari dari materi ini. Unggah hal tersebut di sosial media Anda dalam bentuk:
  1. Caption
  2. Gambar
  3. Video singkat dll
SELANJUTNYA TOPIK 3

Komentar

Postingan Populer