SERI Universal Design for Learning Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation


Pengantar Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation


MULTIPLE MEANS OF REPRESENTATION

(PRINSIP REPRESENTASI)

Selamat datang di materi UDL-Multiple Means of Representation (Prinsip Representasi). Sebelum Anda mempelajari materi ini, baca dengan seksama tujuan, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi pada materi ini.

Tujuan

Peserta bimtek mampu menjelaskan prinsip multiple means of representation (prinsip representasi) dan mampu merancang contoh penerapannya dalam pembelajaran di kelas. 

Kompetensi Dasar

Menjelaskan tiga prinsip multiple means of representation (prinsip representasi) dan merancang contoh penerapannya dalam pembelajaran di kelas. 

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Peserta bimtek mampu menjelaskan panduan dalam menyediakan pilihan untuk persepsi (perception).
  2. Peserta bimtek mampu menjelaskan panduan dalam menyediakan pilihan untuk bahasa, kombinasi angka dan simbol Matematika, dan simbol (language, mathematical expressions, symbols).
  3. Peserta bimtek mampu menjelaskan panduan dalam menyediakan pilihan untuk pemahaman (comprehension).
  4. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan penyediaan pilihan untuk persepsi dalam pembelajaran di kelas.
  5. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan penyediaan pilihan untuk bahasa, kombinasi angka dan simbol Matematika, dan simbol dalam pembelajaran di kelas.
  6. Peserta bimtek mampu merancang contoh penerapan penyediaan pilihan untuk pemahaman dalam pembelajaran di kelas.
Materi ini akan Anda pelajari dengan mengikuti alur pembelajaran MERDEKA sebagai berikut:


Mulai dari Diri Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Peserta didik memiliki perbedaan cara dalam menangkap, memaknai, dan memahami informasi yang disajikan melalui suatu media pembelajaran. Salah satu contoh penggunaan media adalah media cetak atau print. Peserta didik dengan hambatan penglihatan atau kesulitan belajar spesifik (disleksia) membutuhkan media pembelajaran yang berbeda dari media cetak agar dapat mengakses dan memahami materi pembelajaran. Peserta didik dengan hambatan tersebut dapat mengalami kesulitan atau mungkin kegagalan jika mereka tetap diharapkan mengakses materi pembelajaran melalui buku cetak atau media yang diprint. Karenanya, guru dapat menyajikan materi belajar dengan menggunakan rekaman suara untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik dengan hambatan tersebut.

Sebelum kita belajar tentang prinsip multiple means of representation (penyediaan berbagai metode dalam menyajikan konten atau bahan pembelajaran) di kelas, mari kita menggali dan merefleksikan pengalaman dalam menyediakan pilihan penyajian bahan ajar berdasarkan pertanyaan berikut:

1. Apakah Anda memiliki pengalaman terkait menyediakan pilihan atau metode yang beragam dalam menampilkan bahan ajar kepada peserta didik di kelas?
YA
a) Ceritakan bagaimana pengalaman Anda tersebut?
Pegalaman saya dalam mengajar mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI di jurusan multimedia adalah membuat berbagai metode pengajaran :
1. Membuat media pengajaran berupa video.
Saya membuat video yang berisikan menjelaskan atau mempraktikkan bagaimana cara membuat suatu desain tertentu. Video tersebut saya upload ke youtube. Ketika jam pembelajaran saya, saya tayangkan video tersebut dan sangat membantu sekali ketika saya harus berbicara di depan. jadi selain berbicara sy juga langsung bisa menujukkan ke siswa tentang langkah atau gambaran detailnya. tanpa saya harus mempraktekkan ulang secara ribet di depan kelas. Kemudian saya share link youtube tersebut kepada siswa. Selain itu, video tersebut nantinya akan dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik, sewaktu-waktu ketika dibutuhkan
2. Membuat media belajar berupa buku.
Buku tersebut berisi langkah-langkah membuat desain grafis tertentu berupa teks dan gambar visual. Buku tersebut dapat membantu siswa yang lebih menyukai membaca daripada mendengarkan video 
b) Menurut Anda, seberapa penting adanya pilihan penyajian bahan ajar bagi peserta didik di kelas? Jelaskan!
Menurut saya, membuat berbagai pilihan penyajian bahan ajar bagi peserta didik di kelas itu sangat amat lah penting.  Mengapa kita harus membuat berbagai pilihan bahan ajar?
Setelah kita mengidentifikasi peserta didik kita dalam satu kelas, kita pasti akan mengetahui bahwa dalam satu kelas terdapat berbagai macam perbedaan cara belajar peserta didik. Ada siswa yang lebih suka membaca dari pada mendengarkan, ada siswa yang lebih suka mendengarkan daripada membaca, dan ada juga siswa yang lebih suka langsung mempraktekkan kemudian sambil melihat dan mendengarkan suatu video.
Sehingga dengan  adanya berbagai pilihan penyajian bahan ajar dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik di kelas dengan cara mereka masing-masing.
c) Apa faktor pendukung dan penghambat yang mungkin Anda temui selama proses pembuatan pilihan penyajian bahan ajar di kelas?
Dalam proses pembuatan pilihan penyajian bahan ajar untuk siswa di kelas itu memanglah sangat penting. Tetapi dalam memberikan pilihan tersebut juga tidak mudah bagi guru. Pasti akan ada cerita berbagai kemudahan dan kesulitan  dalam pembuatan pilihan penyajian bahan ajar.
Pendukung dalam penyajian bahan ajar di sekolah adalah :
1. Guru diberikan pelatihan mengenai bagaimana cara mebuat media interaktif yang menarik
2. Sekolah mendukung fasilitas internet yang terdapat di ruang guru dan ruang kelas dan juga dilingkup sekolah
3. Siswa yang menyenangkan, komunikatif dan suka diajak bermusyawarah dengan guru mengenai pembuatan media/bahan ajar yang sesuai dengan pilihan mereka
4. Adanya peralatan yang mendukung guru dan siswa dalam pembuatan bahan ajar tersebut seperti laptop, komputer dan handphone

Selain adanya dukungan dari sekolah, juga harus ada dukungan dari diri guru, siswa, orang tua wali murid dan juga pemerintah agar pembelajaran berjalan dengan baik.

Hambatan yang kadang kita temui :
1. Adanya komputer siswa dan guru yang belum memadai baik kapasitas maupun kualitas/spesifikasi komputer yang digunakan
2. masih ada beberapa siswa yang tidak memiliki handphone yang spesifikasinya/ ukuran ram yang ada belum sesuai dengan aplikasi yang kami gunakan seperti microsoft 365

Jika Anda menjawab tidak pada pertanyaan nomor 1, silahkan jawab pertanyaan ini.

2. a) Menurut Anda, seberapa penting adanya pilihan penyajian bahan ajar bagi peserta didik di kelas? Jelaskan.
2. b) Menurut Anda, apa faktor pendukung dan penghambat yang mungkin Anda temui selama proses pembuatan pilihan penyajian bahan ajar di kelas?

Eksplorasi Konsep Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Pada bagian sebelumnya, Anda telah merefleksikan pengalaman tentang prinsip multiple means of representation (prinsip representasi) di kelas. Selanjutnya, mari kita melakukan eksplorasi konsep terkait 3 panduan dari prinsip ini. 

Sebagaimana Anda telah mempelajari konsep UDL, maka akomodasi perlu diberikan agar seluruh peserta didik dapat mengakses pembelajaran. Salah satu prinsip UDL yang harus diterapkan adalah prinsip multiple means of representation (prinsip representasi). Prinsip ini khususnya diterapkan dalam penyajian materi belajar selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu pada topik ini Anda akan mempelajari konsep dan contoh penerapan dari 3 panduan dalam multiple means of representation:

Panduan 1: menyediakan pilihan untuk persepsi (perception).
Panduan 2: menyediakan pilihan untuk bahasa, kombinasi angka dan simbol Matematika, dan simbol (language, mathematical expressions, symbols).
Panduan 3: menyediakan pilihan untuk pemahaman (comprehension)



Quiz Eksplorasi Konsep Topik 3 Materi Prinsip 1 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Pertanyaan
Apa yang dapat Anda simpulkan dari prinsip pertama?

1. Penyediaan Pilihan untuk Persepsi
Penyajian materi dapat dilakukan dengan cara :
- Menampilkan informasi dalam format yang fleksibel dan bervariasi
Dalam materi cetak, tampilan informasi biasanya bersifat tetap dan permanen, sementara pada materi digital biasanya tampilan informasi yang sama mudah dibentuk dan dapat disesuaikan.
- Menawarkan alternatif untuk informasi audio
Suara adalah cara yang sangat efektif untuk menyampaikan dampak dari informasi, itulah sebabnya desain suara sangat penting dalam film dan mengapa suara manusia sangat efektif untuk menyampaikan emosi dan makna. Tetapi terdapat hambatan untuk peserta didik yang mengalami gangguan pendengaran.
- Menawarkan alternatif untuk informasi Visual
Gambar, grafik, animasi, video, atau bacaan sering kali merupakan cara yang
optimal untuk menyajikan informasi, terutama informasi terkait hubungan antar obyek, tindakan, angka, atau peristiwa. Tetapi, penyajian visual dengan cara tersebut tidak dapat diakses secara merata oleh pserta didik, terutama peserta didik dengan hambatan penglihatan.
Berbagai Contoh pilihan :
1. Menyediakan deskripsi (teks atau lisan) untuk semua gambar, grafik, video, atau animasi Gunakan padanan sentuhan (grafik taktil atau objek referensi) untuk visual utama yang mewakili konsep
2. Menyediakan objek fisik dan model spasial untuk menyampaikan perspektif atau hubungan informasi 
3. Memberikan isyarat pendengaran untuk konsep utama dan transisi dalam
informasi visual
4. Mengikuti standar aksesibilitas (NIMAS, DAISY, dll.) saat membuat teks digital
5. Pendamping diberikan kesempatan untuk membacakan teks dengan keras
6. Menyediakan akses ke software text-to-speech (bacaan ke suara).

Quiz Eksplorasi Konsep Topik 3 Materi Prinsip 2 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Pertanyaan

Question 1 of 5
Berikut adalah strategi yang tepat untuk memperjelas kosa kata dan simbol, kecuali:
Menyediakan alat terjemahan elektronik multibahasa.

Gambar berikut merupakan contoh dari: 
Memberikan simbol berupa gambar dengan alternatif deskripsi teks.

Berikut adalah contoh yang tepat dalam menyoroti hubungan struktural dalam kalimat dan membuat hubungan antar kata menjadi jelas, kecuali:
Bola kaki.

Lala adalah seorang murid kelas 4 SD. Sejak kecil, ia lebih mudah berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dibandingkan Bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan Lala kesulitan memahami pembelajaran di sekolah yang sebagian besar disampaikan menggunakan Bahasa Indonesia. Berikut ini merupakan strategi yang dapat dilakukan oleh guru di dalam kelas:
Membuat semua informasi penting dalam bahasa dominan disertai bahasa pertama.

Berikut adalah pilihan untuk menyajikan bahan pembelajaran terkait bahasa, lambang matematika, dan simbol (pilih 2 yang tepat)
Memperjelas kosa kata dan simbol.
Mendukung decoding teks, notasi matematika, dan simbol.


Quiz Eksplorasi Konsep Topik 3 Materi Prinsip 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Penyediaan Pilihan untuk Pemahaman (Comprehension)
1.Menyediakan Latar Belakang Pengetahuan
Peserta didik lebih mudah mengintegrasikan informasi ke dalam skema yang telah ada di pemikiran mereka ketika informasi disajikan dengan cara yang aktif, prima, atau menyediakan latar belakang pengetahuan yang harus dimiliki (prasyarat). Contohnya, sebelum peserta didik mempelajari materi berhitung, mereka terlebih dahulu terampil membilang angka.
Berikut pilihan yang dapat digunakan:
a. Mengaplikasikan “Anchor Instruction” (pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah) dengan menghubungkan dan mengaktifkan pengetahuan awal yang relevan
b. Menggunakan susunan yang terstruktur, seperti peta konsep atau metode KWL.
c. Mengajarkan konsep prasyarat yang perlu diketahui dalam waktu singkat melalui demonstrasi atau model.
d. Menjembatani konsep dengan analogi dan perumpamaan yang relevan.
e. Membuat koneksi lintas pelajaran atau materi secara eksplisit atau jelas
2.Menebalkan atau Menggarisbawahi Pola, Hal Penting, Ide Pokok, dan Hubungan 
Salah satu perbedaan antara peserta didik yang telah mahir dan peserta didik yang masih belajar adalah strategi yang digunakan dalam memilah hal yang penting dan yang tidak penting atau tidak relevan.
3.Memandu Pemprosesan Informasi dan Visualisasi
Strategi mental atau metakognitif ini melibatkan pemilihan dan manipulasi informasi sehingga dapat diringkas, dikategorikan, diprioritaskan, dikontekstualisasikan, dan diingat dengan lebih baik
4.Memaksimalkan Proses Transfer dan Generalisasi Pemahaman
Peserta didik membutuhkan jumlah bantuan yang bervariasi dalam mengingat dan mentransfer untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengakses pembelajaran sebelumnya. Tanpa adanya bantuan dan penggunaan berbagai representasi materi pembelajaran, maka informasi mungkin dipelajari, namun kesulitan untuk diakses dalam situasi baru

Keempat panduan penyedia pilihan di atas dapat diterapkan di kelas untuk mendukung keberagaman peserta didik dalam memahami serta mengaplikasikan informasi yang telah diakses. Pendidik dapat menyesuaikan kebutuhan serta hambatan yang dimiliki oleh peserta didik dengan berbagai pilihan yang ada. Sebagai contoh, bagi peserta didik dengan hambatan dalam memusatkan perhatian, guru dapat membantu pemahaman peserta didik tersebut dengan merilis informasi secara bertahap, menghilangkan distraksi, atau menekankan kata kunci dengan memberi warna.

Ruang Kolaborasi Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Studi Kasus

Guru mengidentifikasi bahwa beberapa peserta di dalam kelas memiliki kesulitan belajar, terutama terkait perhitungan matematika. Adanya hambatan ini menyebabkan para peserta didik tersebut kesulitan mempelajari pengetahuan baru dan mengaitkannya dengan pengetahuan lama yang telah dimiliki. Pada akhirnya, peserta didik memperoleh pencapaian akademik yang rendah. Setelah ditelusuri, guru mendapati bahwa materi pembelajaran disajikan melalui cara yang monoton atau sama setiap harinya. Sementara, penyajian materi dengan cara tersebut kesulitan untuk diakses oleh peserta didik dengan kesulitan belajar di dalam kelasnya. Oleh karena itu, guru bertekad untuk memberikan berbagai pilihan penyajian materi pembelajaran ketika ingin menjelaskan materi berikutnya, berupa:

konsep membuat bendengan, dan menghitung luas dan keliling populasi taman.
Jika Anda sebagai guru tersebut, tentukanlah panduan yang akan anda terapkan dalam menyajikan dua materi pembelajaran di atas, serta berikan contoh strategi yang anda kembangkan dari panduan tersebut.

Panduan 1: menyediakan pilihan untuk persepsi (perception).
Panduan 2: menyediakan pilihan untuk bahasa, kombinasi angka dan simbol Matematika, dan simbol (language, mathematical expressions, symbols).
Panduan 3: menyediakan pilihan untuk pemahaman (comprehension). 

JAWAB :
Studi kasus: 
Membuat bendengan serta menghitung luas dan keliling populasi taman.
1. Menyediakan pilihan untuk persepsi (perception).
Menampilkan video dan audio yang menampilkan adegan seseorang sedang bekerja membuat bendengan dari awal sampai terbentuk bendengan dilanjutkan dengan menanam tanaman. Video dilengkapi naskah tertulis yang menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut.
2. Menyediakan pilihan untuk bahasa, kombinasi angka dan simbol Matematika, dan simbol (language, mathematical expressions, symbols).
Menampilkan slide yang berisi gambar bangun datar berbentuk persegi panjang dengan menambahkan huruf P (huruf tebal dan berukuran agak besar) pada sisi yang lebih panjang mewakili panjang  kemudian huruf L (huruf tebal dan besar) pada sisi yg lebih pendek mewakili lebar persegi panjang. Pada masing-masing huruf ditambahkan teks panjang bangun datar untuk huruf P, dan teks lebar untuk huruf L. Pada gambar sudah ditentukan nilai dari P dan L.
3. Menyediakan pilihan untuk pemahaman (comprehension). 
Mengingatkan siswa kembali materi menghitung luas dan keliling sebuah persegi panjang.
Kemudian bersama-sama siswa menghitung luas dan keliling persegi panjang untuk gambar yang ditampilkan.

Demonstrasi Kontekstual Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Pada aktivitas ini, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan. Klik aktivitas Demonstrasi Kontekstual Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation yang ada pada bagian Quizzes di bawah dan jawab pertanyaan tersebut!

Pertanyaan :
1. Anda telah mempelajari tiga panduan dari prinsip multiple means of representation. Buatlah 3 rencana kegiatan di kelas Anda yang menggambarkan penerapan dari ketiga panduan tersebut (masing-masing panduan terdapat 1 rencana kegiatan)

Elaborasi Pemahaman Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation

Pada aktivitas ini Anda diminta untuk mengelaborasi pemahaman Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada aktivitas Elaborasi Pemahaman Topik 3 – Penerapan Prinsip Multiple Means of Representation di bagian Quizzes di bawah ini. Klik aktivitas tersebut dan ikuti instruksi yang ada!

SELANJUTNYA TOPIK 4

Komentar

Postingan Populer