POST TEST PMM TOPIK Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C
TOPIK Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C
POST TES MODUL 1 MEMAHAMI MURID
Perhatikan kemampuan prasyarat pada contoh mata pelajaran Bahasa Indonesia berikut:
1. Murid dapat menyampaikan ide tanpa bantuan guru
2. Murid dapat membedakan kalimat fakta dengan opini
3. Murid dapat membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas
4. Murid dapat membaca dengan cepat
5. Murid dapat menyampaikan ide secara lancar
Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan yang menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:
4 dan 5
Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?
Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk kedalam kelompok kecil
Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?
Modifikasi alur tujuan pembelajaran
Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:
1. Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.
2. Menentukan potensi yang sama untuk seluruh murid di kelas.
3. Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.
4. Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.
5. Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.
Strategi yang tepat adalah.......
Nomor 1 dan 3
Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:
Bakat Murid
Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran?
1. Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.
2. Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.
3. Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah
4. Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan
5. Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.
Jawaban yang tepat adalah:
2,3,5
Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.
Benar

.png)
Komentar
Posting Komentar