MERDEKA BELAJAR MODUL 4 MENDIDIK DAN MELATIH KECERDASAN BUDI PEKERTI
POST TEST MODUL 4
MENDIDIK DAN MELATIH KECERDASAN BUDI PEKERTI
1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
Rasa takut
Cemas
Percaya Diri
Pengetahuan
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga
Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut
Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut
Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya
3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali...
jiwa
cipta
karsa
rasa
4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan........yang berperan menentukan karakter seseorang.
bagian jasmani
bagian biologis
bagian intelligible
bagian keterampilan
5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika...
dibiarkan tanpa intervensi
dipengaruhi keadaan dan lingkungan
memiliki bakat tertentu
Ada kemauan
6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah ...
Sekolah
Keluarga
Sahabat
Taman Kanak-Kanak
7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan ...
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
Budi Pekerti
8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
Membantu murid menemukan budi pekertinya
Mengendalikan budi pekerti murid
Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu:
Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’
10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu...
menebalkan tabiat asli dan watak biologis
menyamarkan watak - watak baik murid
menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
menebalkan watak - watak tidak baik murid
11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori ...
Hereditas
Negatif
Komplementer
Tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
Biologis dan intelligible
Biologis dan fisiologis
Intelligible dan fisiologis
Tabularasa dan biologis
Semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar