MERDEKA BELAJAR MODUL 2 MENDIDIK DAN MENGAJAR
Refleksi, mengenali diri dan memahami peran sebagai pendidik berdasarkan KI Hajar Dewantara.
Hal apa yang membuat ibu bapak guru merasa bersemangat ke sekolah?
Apakah tak sabar ingin menyaksikan kemajuan belajar salah satu murid yang baru saja kita terangkan sampai berulang kali?
Atau sangat ingin menunjukkan bahan ajar yang seru yang sudah kita siapkan untuk murid-murid?
?
Murid digital native : Fasih berselancar di dunia internet, bisa mendapatkan pengetahuan dan mempelajari ketrampilan sesuai kebutuhan mereka
Sebagai guru kita ingin membekali mereka dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk terus belajar, mendampingi, memahami dan mencapai tujuan belajar.
Memberiilmu demi kecakapan hidup anak dalam usaha mempersiapkannya untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti seluas-luasnya
_Ki Hajar Dewantara_
Apa harapan ibu dan bapak guru untuk murid-murid yang kini tengah diampu?
Harapan tentu boleh setinggi langit, karena murid-murid kelak akan dewasa menjadi bagian dari atau bahkan memimpin masyarakat, yang akhirnya akan membentuk kebudayaan kita di masa depan
Menyiapkan presentasi di depan kelas, murid dituntun untuk menulis konsep, Menyusun kata-kata, dan menyampaikan ide di depan teman sekelasnya.
Beberapa tahun ke depan, bisa jadi murid ibu dan bapak guru berbicara di depan rekan kerja saat rapat, bebricara di depan warga memberi penyuluhan, atau berbicara pada konfrensi tingkat internasional mewakili negara ini.
Kehidupan kita saat ini adalah buah dari Pendidikan yang kita terima saat masih anak-anak
_Ki Hajar Dewantara_
Begitu pula dengan anak-anak yang saat ini belajar dengan kita kelak akan menjadi bagian di masyarakat di masa depan.
Apa yang bisa kita lakukan untuk menghantarkan mereka menuju mimpi dan cita-cita mereka?
Ketika kita menyadari banyak murid-murid dengan berbagai impian, potensi dan kebutuhan di kelas.
Bagaimana kita menyesuaikan peran untuk menuntuk perjalanan belajar mereka?
Untuk pada akhirnya menemukan siapa diri mereka dan menghantarkan mereka menuju cita-citanya
Hari ini kita belajar,ternyata peranan seorang pendidik sangat besar. Hal apapun yang kita lakukan di kelas dari segi memfasilitasi proses belajar, metode kerja kelompok atau hal sekecil ucapan, pujian, maupun cemoohan. Atau hal sekecil ucapan pujian maupun cemoohan yang tidak sengaja terucap akan meninggalkan makna bagi murid-murid, yang kelak akan menjadi bagian dari masyarakat.
Sejak merancang, memfasilitasi hingga menilai proses pembelajaran, kita sebagai guru meski hadir secara utuh. Setiap hal kecil yang kita sampaikan di kelas, akan berkontribusi pada kecakapan hidup anak saat dewasa. Semua yang kita rancang untuk disimak murid-murid mesti bertujuan. Sebab saat mengajar didalam kelas, sebenarnya sedang membentuk masyarakat, membentuk budaya masa depan lewat murid-murid kita.
Semangatlah untuk terus belajar ibu dan bapak guru. Wahai para pembentuk kebudayaan masa depan. Mari bersama terus belajar demi meraih tujuan Pendidikan, menjadi manusia merdeka yang kelak akan menuntuk murid-murid menjadi manusia yang merdeka pula.
Semua yang kita rancang untuk disimak murid-murid mesti bertujuan. Sebab saat mengajar di dalam kelas, ibu dan bapak guru sebenarnya sedang membentuk budaya masa depan lewat murid kita.
Latihan Pemahaman
Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah ….
a. Menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
b. Melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
c. Menghukum murid jika melakukan kesalahan
d. Mengajari murid berdasarkan pengelaman mengajar guru
POST TEST MODUL 2 MENDIDIK DAN MENGAJAR
Komentar
Posting Komentar