MERDEKA BELAJAR MODUL 2 MENDIDIK DAN MENGAJAR

Refleksi, mengenali diri dan memahami peran sebagai pendidik berdasarkan KI Hajar Dewantara.

Hal apa yang membuat ibu bapak guru merasa bersemangat ke sekolah?

Apakah tak sabar ingin menyaksikan kemajuan belajar salah satu murid yang baru saja kita terangkan sampai berulang kali?

Atau sangat ingin menunjukkan bahan ajar yang seru yang sudah kita siapkan untuk murid-murid?

?

Murid digital native : Fasih berselancar di dunia internet, bisa mendapatkan pengetahuan dan mempelajari ketrampilan sesuai kebutuhan mereka

Sebagai guru kita ingin membekali mereka dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk terus belajar, mendampingi, memahami dan mencapai tujuan belajar.

Memberiilmu demi kecakapan hidup anak dalam usaha mempersiapkannya untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti seluas-luasnya

_Ki Hajar Dewantara_

Apa harapan ibu dan bapak guru untuk murid-murid yang kini tengah diampu?

Harapan tentu boleh setinggi langit, karena murid-murid kelak akan dewasa menjadi bagian dari atau bahkan memimpin masyarakat, yang akhirnya akan  membentuk kebudayaan kita di masa depan

Menyiapkan presentasi di depan kelas, murid dituntun untuk menulis konsep, Menyusun kata-kata, dan menyampaikan ide di depan teman sekelasnya.

Beberapa tahun ke depan, bisa jadi murid ibu dan bapak guru berbicara di depan rekan kerja saat rapat, bebricara di depan warga memberi penyuluhan, atau berbicara pada konfrensi tingkat internasional mewakili negara ini.


Kehidupan kita saat ini adalah buah dari Pendidikan yang kita terima saat masih anak-anak

_Ki Hajar Dewantara_

Begitu pula dengan anak-anak yang saat ini belajar dengan kita kelak akan menjadi bagian di masyarakat di masa depan.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menghantarkan mereka menuju mimpi dan cita-cita mereka?

Ketika kita menyadari banyak murid-murid dengan berbagai impian, potensi dan kebutuhan di kelas.

Bagaimana kita menyesuaikan peran untuk menuntuk perjalanan belajar mereka?

Untuk pada akhirnya menemukan siapa diri mereka dan menghantarkan mereka menuju cita-citanya

Hari ini kita belajar,ternyata peranan seorang pendidik sangat besar. Hal apapun yang kita lakukan di kelas dari segi memfasilitasi proses belajar, metode kerja kelompok atau hal sekecil ucapan, pujian, maupun cemoohan. Atau hal sekecil ucapan pujian maupun cemoohan yang tidak sengaja terucap akan meninggalkan makna bagi murid-murid, yang kelak akan menjadi bagian dari masyarakat.

Sejak merancang, memfasilitasi hingga menilai proses pembelajaran, kita sebagai guru meski hadir secara utuh. Setiap hal kecil yang kita sampaikan di kelas, akan berkontribusi pada kecakapan hidup anak saat dewasa. Semua yang kita rancang untuk disimak murid-murid mesti bertujuan. Sebab saat mengajar didalam kelas, sebenarnya sedang membentuk masyarakat, membentuk budaya masa depan lewat murid-murid kita.

Semangatlah untuk terus belajar ibu dan bapak guru. Wahai para pembentuk kebudayaan masa depan. Mari bersama terus belajar demi meraih tujuan Pendidikan, menjadi manusia merdeka yang kelak akan menuntuk murid-murid menjadi manusia yang merdeka pula.

Semua yang kita rancang untuk disimak murid-murid mesti bertujuan. Sebab saat mengajar di dalam kelas, ibu dan bapak guru sebenarnya sedang membentuk budaya masa depan lewat murid kita.

Latihan Pemahaman

Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah ….

a. Menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman

b. Melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan

c. Menghukum murid jika melakukan kesalahan

d. Mengajari murid berdasarkan pengelaman mengajar guru

POST TEST MODUL 2 MENDIDIK DAN MENGAJAR

1. Ki Hadjar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya…

a. Tuntunan guru untuk membimbing murid
b. Tuntutan dalam proses pembelajaran
c. Tuntutan murid untuk beradaptasi
d. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

2. Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
a. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat
b. Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya
c. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya
d. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal

3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
a. Guru menyampaikan cara membuat puisi
b. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
c. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
d. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan

4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, ... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
a. Menuntun
b. Tuntunan
c. Pendidikan
d. Pengajaran

5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah ...
a. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
b. Akal budi yang berkembang
c. Kekuatan murid yang semakin meningkat
d. Arah minat dan perubahan karakteristik diri

6.  Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara ...
a. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
b. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
c. Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
d. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan

7.  Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…
a. Murid malas belajar
b. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
c. Murid tertekan untuk sekolah
d. Sistem penilaian tidak sesuai

8.  Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya....
a. pendidikan emosional dan kecerdasan
b. olah rasa dan pendidikan intelektual
c. pendidikan intelektual dan emosional
d. pendidikan emosional dan olah rasa

9.  Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...
a. berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
b. berperasaan
c. dapat bekerja berdasar kehendak
d. mengatur orang lain

10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
a. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
b. Humanis, Kerakyatan, dan Praktis
c. Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan
d. Humanis, Kebangsaan, dan Intelektualistis

11.  Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali...
a. berdaya
b. berbudi pekerti
c. beriman
d. berkuasa atas kehendak diri

12.  Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…
a. Penting untuk masa depan
b. Membuat diri murid menjadi seimbang
c. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
d. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan

Semoga bermanfaat.

Post tes lanjutan Modul 3

Komentar

Postingan Populer