KURIKULUM MERDEKA MODUL 1 KURIKULUM
POST TEST MODUL 1 KURIKULUM
1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid ....
Benar
Salah
Salah
2. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali….
Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukanMengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
Mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
Mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda
3. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah...
Kondisi daerah satuan pendidikan
Sarana dan Prasarana satuan pendidikan
Semua benar
4. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah….
Meminta murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paketMelewati bagian latihan tersebut melanjutkan ke materi berikutnya
Mengajak murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewani lainnya
Mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya
5. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.
Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah….Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum
Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan
Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya
Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid
6. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….
Tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah
Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda
Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan
Guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah
Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda
Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan
Guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah
7. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…
Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri
Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju
8. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:
- berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
- memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
- memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
- memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....
Mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olahraga sesuai minat dan summber daya yang ada
Memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini
- berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
- memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
- memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
- memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....
Mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olahraga sesuai minat dan summber daya yang ada
Memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini
Mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja
Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah
Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah
Semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar