Inovasi Pembelajaran Tata Surya untuk Anak SD Kelas 6 dengan Game Edukasi

        Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Benda-benda langit tersebut antara lain adalah depalan buah planet, satelit, asteroid, dan masih banyak lagi benda langit lainnya. Delapan planet itu antara lain Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Materi tata surya merupakan salah satu materi pelajaran pada ilmu pengetahuan alam yang diajarkan di sekolah dasar. Tata Surya merupakan materi yang sulit untuk difahami oleh anak usia 12-13 Tahun atau setara dengan anak kelas 6 sekolah dasar. Hal ini dikarenakan kurangnya efisiensi belajar dari anak tersebut dan juga materi tentang tata surya sendiri memiliki banyak karakteristik yang berbeda dari masing-masing planet yang harus dipelajari. Materi ini sangat penting selain harus mengenal planet bumi dan seisinya, anak-anak juga harus bisa mengenal benda-benda diluar bumi seperti planet, bebatuan luar angkasa, satelit, dan meteor. Untuk memudahkan dalam pembelajaran materi ini dikemas dalam bentuk Edutainment Game yaitu Game yang disisipi dengan materi pembelajaran.

        Game edukasi atau Edutainment Game merupakan salah satu teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran dimana prosesnya dapat dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain.

        Penelitian sebelumnya yaitu Pembuatan Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 Berbasis Android yang dilakukan oleh Rina Nuqisari dan Endah Sudarmilah. Dalam penelitiannya Game edukasi tersebut hanya menggunakan satu Genre yang digunakan yaitu Genre adventure, dimana Genre tersebut minim untuk diterapkan materi atau bahan ajar pembelajaran yang digunakan pada penelitian tersebut, maka dari itu perlu dikembangkan kembali dengan Genre yang lebih tepat dan dapat membantu proses belajar, maka dari itu perlu dikembangkan kembali dengan Genre yang lebih tepat dan dapat membantu proses belajar seperti yang akan Peneliti buat.

        Untuk mengatasi permasalah tersebut, Peneliti membuat aplikasi Edutainment Game. Dengan cara menentukan Genre terbaik untuk diterapkan di Game tersebut dengan membandingkan 4 Genre yaitu Edukasi Quiz, Puzzle, Adventure, Shooting. Game yang akan dibuat ini menggunakan Unity 3D sebagai pengolah desain grafis dan Construct 2 sebagai pengolah data yang akan dibuat menjadi aplikasi android dengan menggunakan Cordova. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Genre Game terbaik dengan perbandingan Genre yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak dengan rentang usia 12-13 tahun tentang benda luar angkasa.



Komentar

Postingan Populer