Ice Breaking Menarik Perhatian Siswa

 Apa itu Ice Breaking ?

Ice Breaking adalah suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa mencairkan suasana yang ada. Istilah ini berasal dari dua suku kata bahasa inggris, yang mempunyai arti pemecah es. Frasa ini sering digunakan di dalam suatu kegiatan agar mampu menghilangkan berbagai kejenuhan yang ada.

Kegiatan ice breaking adalah kegiatan yang bisa dilakukan pada kegiatan pembelajaran, seminar, lingkungan kantor ataupun organisasi. Kegiatan ini mampu memecah suasana dan kondisi yang mencengkam serta mampu meningkatkan kualitas antar setiap siswa.



Manfaat Ice Breaking ?

1. Meningkatkan kemampuan belajar

Manfaat pertama dari ice breaking adalah meningkatkan kemampuan belajar. Menggunakan ice breaking dengan benar selama acara dapat menjadi cara yang efisien untuk memastikan bahwa siswa benar-benar belajar dari diskusi. Siswa cenderung menyerap lebih banyak informasi ketika mereka berpartisipasi secara holistik dalam kegiatan, sebab itu membuat mereka tetap terlibat satu sama lain.

2. Menciptakan rasa kebersamaan

Sebagai hasil dari semua kesenangan yang dialami, peserta cenderung ramah dan mau berbagi informasi tentang diri mereka sendiri. Ini meningkatkan rasa percaya satu sama lain, membuat semua orang merasa percaya diri untuk terbuka dan lebih responsif selama diskusi. Sehingga disini, manfaat dari ice breaking adalah menciptakan rasa kebersamaan.

3. Membantu fasilitator mengenal peserta

Manfaat lain dari ice breaking adalah membantu guru untuk mengenal siswa. Selain hubungan siswa dengan siswa, guru harus berinisiatif untuk mengenal kelompok. Dari minat hingga keterampilan mereka, guru akan dapat memperoleh wawasan melalui interaksi mereka melalui ice breaking.

4. Mengembangkan kreativitas

Ada beberapa ice breaking yang mengharuskan siswa memikirkan strategi dan teknik untuk memenangkan kegiatan. Hal ini mendorong siswa untuk lebih imajinatif dan kreatif dalam tugas-tugas mereka. Itulah sebabnya manfaat dari ice breaking adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa.


Agar efektif, saat mengadakan ice breaking, perhatikan tiga aturan berikut:

1. Ice breaking sebaiknya memiliki tujuan yang jelas

Aturan pertama dalam ice breaking adalah menentukan tujuan yang jelas. Sebelum memutuskan apakah akan menggunakan ice breaking atau ice breaking mana yang akan digunakan, penting untuk memahami apa yang ingin dicapai. Misalnya, jika setengah dari tim adalah siswa baru, maka sharing ice breaking akan sangat bermanfaat. Jika tim belum bekerja secara kolaboratif, maka team builder mungkin paling bermanfaat.

2. Tetap sederhana

Aturan kedua dalam ice breaking adalah membuatnya tetap sederhana. Ice breaking tidak dimaksudkan untuk memakan waktu berjam-jam atau menjadi sangat rumit. Tujuannya agar peserta tidak harus berpikir terlalu banyak atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengevaluasi tugas yang ada. Semakin sederhana aktivitasnya, semakin efektif.

3. Waktu

Aturan ketiga dalam ice breaking adalah terkait dengan waktu. Ice breaking biasanya paling efektif bila diselesaikan di awal pertemuan, namun terdapat beberapa pengecualian. Misalnya, jika kamu berencana untuk menyajikan topik yang sulit, seperti pengurangan staf, tidak ada kenaikan gaji, atau perubahan kebijakan, melakukan ice breaking tidak akan efektif, karena pada kenyataannya, para peserta akan merasa dikhianati dan hal itu menimbulkan dampak sebaliknya yang ingin dicapai.

Jenis-jenis Ice Breaking

Biasanya ice breaking dibawakan dengan menggunakan media dan ada juga tanpa media alias tangan kosong. Tempat pelaksanaanya pun bisa dilakukan di indoor atau outdoor. Berikut adalah contoh beberapa jenis ice breaking yang sering digunakan

 1. Yel-yel

Jenis Ice Breaking dengan yel-yel adalah contoh yang paling sederhana tetapi mempunyai tingkat “pemulih” yang paling baik dibanding jenis lain. Dengan menggunakan yel-yel sebagai bahan dari Ice Breaking akan dapat meningkatkan konsentrasi dan mendorong antusiasme siswa yang tinggi untuk kelanjutan pembelajaran

2. Tepuk Tangan

Tepuk tangan biasanya digunakan untuk mengungkapkan ekspresi kegembiraan selain tertawa. Biasanya tepuk tangan ini dilakukan untuk mengungkapkan apresiasi yang diberikan kepada kita atau yang kita berikan kepada orang lain. Jenis tepuk tangan dalam ice breaking juga bisa digunakan untuk melatih konsentrasi siswa dan biasanya dikombinasikan dengan bernyanyi. atau Buatlah pola tepuk tangan yang berbeda-beda agar siswa tidak merasa bosan. Lakukan hal ini berulang. (ajak siswa untuk ikut mendesain pola tepuk tangan yang berbeda-beda)

3. Menggerakkan Anggota Badan

Jenis ini biasanya digunakan dalam pembelajaran jika terlihat para peserta sudah suntuk atau perlu peregangan setelah seharian berdiskusi atau presentasi. Maka dari itu perlu untuk menggerakkan anggota badan sehingga kondisi tubuh dan mental dapat tetap stabil. Jenis ini dapat dilakukan secara individual, berpasangan atau berkelompok.

4. Gerak dan Lagu

Jenis lagu ini hampir sama dengan jenis gerakan anggota badan, justru jenis ini lebih menarik, karena disertai dengan lagu. Contohnya seperti gerakan senam dengan diiringi lagu.

Contoh Permainan Ice Breaking

Tidak semua jenis permainan ice breaking bisa cocok untuk diterapkan dalam setiap kegiatan. Untuk memperbanyak pilihan permainan ice breaking, maka tidak ada salahnya kamu mencari referensi yang cocok. Beberapa contoh permainan yang bisa kamu pertimbangkan dalam ice breaking adalah sebagai berikut.

1. Kuis kepribadian

Kuis kepribadian dalam ice breaking adalah contoh permainan yang dapat meningkatkan ikatan tim, dan ini adalah salah satu opsi permainan yang sederhana dan mudah dimainkan.

Buat beberapa potongan kertas. Bagikan potongan kertas tersebut pada orang yang dipilih. Mintalah orang yang mendapatkan potongan kertas untuk menuliskan beberapa kepribadian dari temannya yang ditunjuk oleh instruktur. Kemudian mintalah teman yang ditulis kepribadiannya untuk menyebutkan hal yang mereka setujui dan tidak setujui

Tujuan dari permainan ini dalam ice breaking adalah memungkinkan siswa untuk mendapatkan perspektif baru tentang rekan-rekan mereka dan merupakan cara yang menyenangkan dan mudah untuk memulai percakapan yang menarik.

2. Kuis “Siapa itu?”

Cara melakukan kuis “Siapa itu?” dalam ice breaking adalah dengan meminta setiap orang menulis fakta unik, aneh, atau tak terduga tentang mereka di selembar kertas. Kemudian, masukkan potongan kertas ke dalam kotak kosong dan acak. Tarik salah satu kertas dari kotak kosong dan baca setiap fakta yang tertulis.

Biarkan tim mencoba menebak siapa yang menulisnya. Setelah mereka menebak, minta siswa yang menulis fakta untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan berikan konteks lebih lanjut jika perlu. Tujuan dari permainan ini dalam ice breaking adalah untuk mengetahui hal-hal baru yang mengejutkan tentang rekan satu tim kamu.

3. Permainan trivia / Mode Study

Jika kamu mencari ice breaking jarak jauh yang lebih merupakan permainan, dan kurang berbasis diskusi, permainan trivia adalah opsi yang paling direkomendasikan. Salah satu permainan trivia yang patut dicoba untuk ice breaking adalah Kahoot. Kahoot adalah platform trivia yang dapat digunakan secara gratis (menampung hingga 10 orang). Untuk memulai, kamu hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan akun Kahoot gratis.

Kemudian, kamu dapat memilih game trivia unggulan untuk dimainkan. Untuk menjalankan ini dari jarak jauh, bagikan layar dengan timmu. Setiap orang harus memiliki perangkat terpisah untuk digunakan sehingga mereka dapat memasuki permainan dan mengirimkan jawaban mereka.

4. Berhitung

Permainan berhitung ice breaking adalah permainan yang meminta siswa untuk mengganti angka dengan kelipatan dua menjadi kata door.
Cara memainkannya, Pinta mereka untuk mulai menghitung dari angka 1, namun jika ada angka yang mempunyai kelipatan dua, maka harus diganti dengan “door”.
Contohnya seperti siswa pertama akan diminta berhitung dari angka satu dan siswa selanjutnya diminta untuk mengucapkan kata “door”, lalu karyawan selanjutnya bisa melanjutkan hitungan. Guru bisa dengan bebas mengubah angka kelipatan, seperti tiga atau empat.

5. Kata Kunci

Tujuan dari permainan kata kunci ice breaking adalah untuk menguji tingkat ketelitian siswa dengan mendengarkan cerita dari guru dan mendengarkan kata kunci yang sudah disebutkan oleh guru.
Cara memainkannya, berikanlah perintah pada satu orang siswa untuk menghadap ke guru yang akan bercerita. Sebelumnya, guru harus memberikan suatu kata kunci yang jika disebutkan para siswa harus menjawab “bisa, bisa yes”
Contohnya kata kuncinya adalah “berkembang”, maka pada setiap kata tersebut diucapkan oleh guru, maka setiap karyawan harus bisa menjawab kata kunci yang sebelumnya sudah diarahkan.

7. Mengisi Tic Tac Toe

Permainan tic tac toe ice breaking adalah permainan yang dimainkan dalam selembar kertas dan dilakukan oleh dua orang saja. Namun agar bisa dimainkan dalam ice breaking, maka permainan ini bisa diubah agar bisa diikuti oleh banyak orang.
Cara memainkannya adalah dengan membagi dua kelompok menjadi kelompok X dan kelompok O yang berjumlah 5 sampai 6 orang. Mintalah satu orang sebagai juru bicara pada setiap kelompok, dan orang tersebut harus menyiapkan tabel tic tac toe yang ada di papan tulis atau pada suatu kertas.
Untuk bisa mengisi tabel ini, maka setiap kelompok harus menjawab setiap soal yang diberikan oleh guru. Kelompok yang paling cepat dan mampu menjawab dengan benar dipersilahkan untuk mengisi tabel sesuai nama kelompok yang diberikan.
Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang sudah berhasil mengisi tabel secara horizontal, diagonal, maupun vertikal.

8. Ucapkan Objek

Permainan ucapkan objek ini adalah permainan yang mewajibkan setiap siswanya untuk menyebut suatu objek yang sudah ditentukan.
Cara memainkannya adalah guru akan menyebutkan sebuah objek yang selanjutnya para siswa harus bisa menyebutkan komponen yang terdapat di dalam objek tersebut.
Contohnya guru menyebutkan objek hewan, maka setiap siswa harus menyebutkan nama-nama hewan, seperti kelinci, kucing, jerapah, singa, dll.
Setiap siswa harus menyebutkan nama objek sesuai dengan huruf akhir yang disebutkan oleh siswa sebelumnya. Contohnya siswa pertama menyebut hewan kucing, maka siswa selanjutnya harus menyebut nama hewan yang diawali dengan huruf G, seperti Gajah.
Waktu yang diberikan untuk mengucapkan objek tersebut harus singkat, seperti 5 atau 10 detik.

9. Bercermin

Permainan ice breaking bercermin adalah permainan yang akan menyampaikan pesan yang disampaikan dari pergerakan yang nantinya akan dilakukan.
Cara memainkannya adalah dengan membuat dua kelompok menjadi kelompok bayangan dan kelompok objek yang di dalamnya berisi 3 hingga 5 orang.
Tunjuklah satu orang pada setiap kelompok untuk menjadi bayangan dan juga objek cermin. Nantinya, ketua kelompok/ guru harus memberikan sebuah pesan yang berisi suatu kegiatan sehari-hari.

REFERENSI :

  1. Platform, Omnichannel Conversational . 2022. “Ide Ice Breaking Seru di Kantor untuk Penyemangat Kerja”, https://www.qiscus.com/id/blog/ice-breaking-seru/#Apa_itu_Ice_Breaking, diakses pada 22 September 2022 pukul 10.30.
  2. Media, Ekrut . 2022. “5 Contoh Permainan Ice Breaking yang Asyik untuk Acara Kantor”, https://www.ekrut.com/media/ice-breaking-adalah, diakses pada 22 September 2022 pukul 10.30.
  3. Instagram Kochoshools.id

Komentar

Postingan Populer